Cara Mengolah Sayuran Agar Tetap Terjaga Nutrisinya

Ilustrasi. (Dok: keywordsuggest)Ilustrasi. (Dok: keywordsuggest)

TitikNOL - Memasak sayuran memang terlihat gampang dan mudah. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sayuran tidak rusak atau kehilangan nutrisinya.

Dikutip dari buku Aneka Resep Sayur Berkuah Sehari-hari, karya Emy Umar, berikut tips mengolah sayuran yang baik dan benar, Senin (8/5/2017).

1. Nutrisi dalam sayuran mudah larut dalam air. Jadi akan lebih baik bila mencuci sayuran sebelum memotong atau mengupas kulitnya, dan cucilah dengan air yang mengalir.

2. Potong sayuran tipis atau dalam ukuran kecil saja agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya.

3.Jangan merebus sayur terlalu lama. Ini adalah tips kuno yang sering didengar. Memasak sayuran terlalu lama hanya mengurangi nutrisi di dalam sayur. Untuk mengatasinya, masak sayuran dalam air mendidih dan angkat saat sayur mulai berubah warna.

4. Bila memasak sayuran berkuah, bumbui kuah hingga terasa pas di lidah, baru memasukkan sayuran. Masak sebentar hingga sayuran berubah warna.

5. Sajikan masakan sayuran secepatnya setelah dimasak. Karena menu sayuran memang paling pas disajikan selagi panas. Selain itu, jangan panaskan sayur yang sudah masak! Hal ini untuk mencegah hilangnya nutrisi.

Berita ini telah tayang di Okezone.com, Senin 8 Mei 2017 dengan judul Tips Ampuh Merebus Sayuran agar Nutrisinya Terjaga

Komentar