Cara Mengusir Nyamuk Selagi Tidur

Ilustrasi. (Dok: Tipssehat)Ilustrasi. (Dok: Tipssehat)

TitikNOL - Meskipun bertubuh kecil, nyamuk tergolong hewan yang menyebalkan. Seperti yang diketahui, gigitan nyamuk di tubuh dapat menyebabkan bentol dan rasa gatal. Selain itu, nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Di malam hari, nyamuk bisa mengganggu kualitas tidur karena membuat terbangun. Entah itu karena suaranya atau rasa gatal yang mengganggu. Maka dari itu tak heran bila beberapa orang memilih mengoleskan losion anti nyamuk atau memasang obat nyamuk agar bisa tidur dengan nyenyak. Namun cara yang bisa dilakukan bukan hanya itu.

Melansir Fox News, Senin (25/6/2018), inilah cara lain untuk mengusir nyamuk yang cukup ampuh:

Musnahkan sumber air

Anda tentu tahu jika jentik nyamuk bisa berada di sejumlah tempat yang tergenang air. Semakin banyak jentik nyamuk, akan semakin banyak pula nyamuk yang hidup. Maka dari itu, musnahkan sumber air tergenang yang bisa menjadi tempat bertelur nyamuk. Kuras kolam renang, kaleng, wadah air, atau pot keramik untuk mengurangi jumlah nyamuk yang berkeliaran.

Gunakan minyak dari lemon eucalyptus

Minyak esensial yang satu ini bisa digunakan sebagai obat nyamuk. Terlebih minyak dari lemon eucalyptus tergolong alami sehingga aman untuk digunakan. Sejumlah ahli pun telah merekomendasikan penggunaannya. Wangi lemon dari minyak ini juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak karena aromanya yang menyegarkan.

Hindari penggunaan produk beraroma

Di malam hari beberapa orang mungkin masih ada yang mengenakan produk beraroma pada tubuhnya seperti losion atau parfum. Aromanya mungkin akan membantu membuat tidur lebih lelap. Namun sebenarnya produk beraroma malah mengundang perhatian nyamuk. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari pemakaian parfum atau cologne berbau harum.

Kenakan pakaian berwarna cerah

Nyamuk merupakan hewan yang tertarik dengan warna gelap termasuk pakaian. Cobalah untuk mengenakan pakaian berwarna terang di malam hari untuk mengurangi gigitan nyamuk. Baju lengan panjang dan celana panjang juga bisa menjadi pilihan.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: 4 Cara Terhindar dari Gigitan Nyamuk Selagi Tidur

Komentar