Cara Merawat Funitur Kayu Agar Tetap Awet

Ilustrasi. (Dok: Furnizing)
Ilustrasi. (Dok: Furnizing)

TitikNOL - Kebanyakan orang menyukai furnitur kayu karena memiliki warna yang lembut dan sentuhan hangat di rumah. Namun, hanya sedikit orang yang memahami dan peduli dengan perawatan furnitur kayu tersebut.
Jika dirawat dengan baik, furnitur kayu bisa tetap bersih dan awet selama beberapa dekade.

Simak beberapa cara merawat furnitur kayu berikut ini, seperti dilansir AsiaOne.

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Anda mungkin mengira furnitur kayu di bawah sinar matahari bisa menghadirkan kehangatan pada rumah. Namun nyatanya, sinar matahari bisa merusak furnitur kayu.

Jadi sebaiknya hindari menempatkan furnitur kayu di lokasi yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.

2. Jauhkan dari peralatan panas

Selain itu, kelembaban furnitur kayu juga penting untuk dijaga. Saat menempatkan peralatan pemanas atau pengering, Anda harus memperhatikan letak furnitur kayu.

Jika furnitur kayu menghadapi peralatan pemanas dan pengeringan untuk waktu yang lama, kayu dapat kehilangan kelembapannya dan menyebabkan deformasi, retak, dan masalah lainnya.

Oleh karena itu, setidaknya beri jarak minimal 1 meter dari furnitur kayu saat meletakkan peralatan pemanas dan pengering.

3. Lakukan waxing sesekali

Menyeka dengan kain basah saja tidak cukup untuk menjaga kelembaban furnitur kayu. Sesekali, Anda perlu melakukan waxing pada furnitur kayu untuk mengunci kelembapan pada kayu dan secara efektif mencegah furnitur mengering dan berubah bentuk.

Direkomendasikan untuk untuk melakukan waxing pada furnitur kayu solid sekali dalam setahun untuk memperpanjang umur furnitur.

Oleskan lilin kayu pada permukaan dengan lembut lalu seka dengan kain katun untuk mengurangi daya rekat debu dan meningkatkan kilap.

4. Hindari radiasi infra merah

Radiasi infra merah akan meningkatkan suhu furnitur kayu. Saat sinar matahari menghilang di malam hari, suhu furnitur kayu akan turun dengan cepat.

Penyusutan dingin dan ekspansi termal yang terus menerus dan cepat dalam jangka panjang akan membuat furnitur kayu mudah melengkung dan rapuh.

5. Jauhkan dari sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet akan mengurangi kekuatan serat kayu pada furnitur dan menyebabkan perubahan warna.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, dengan judul: 5 Cara Merawat Furnitur Kayu Agar Tetap Awet

Komentar