Cara Praktis Bikin Lontong dengan Rice Cooker

Ilustrasi lontong. (Dok:net)Ilustrasi lontong. (Dok:net)

TitikNOL - Lontong merupakan pengganti nasi yang cocok sekali dikonsumsi bersama beberapa jenis makanan tertentu semisal sayur dengan kuah santan. Namun karena cara membuatnya yang butuh waktu lama hingga lebih dari 2 jam perebusan, banyak ibu rumah tangga yang enggan membuat lontong sendiri.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab kini sudah ada cara praktis membuat lontong yang dapat dilakukan tanpa waktu lama. Hanya butuh magic com atau rice cooker saja, tanpa daun pisang dan panci untuk merebus dalam waktu lama, maka lontong siap disajikan.

Penasaran bagaimana caranya, simak berikut ini:

Bahan:

1 gelas beras, cuci bersih

7-8 gelas air

Cara membuat:

Siapkan wadah rice cooker, masukkan beras dan air seperti hendak memasak nasi. Nyalakan tombol on nya.

Saat beras belum matang dan 15 menit setelah tombol on, aduk-aduk nasi lalu tutup kembali. 10 menit kemudian, aduk lagi dan tutup lagi rice cooker, tunggu hingga matang.

Setelah matang, segera masukkan dalam wadah kotak plastik. Tekan-tekan hingga lumat dan memadat. Biarkan hingga dingin dan keras.

Setelah dingin masukkan dalam kulkas hingga 2 jam.

Keluarkan, dan lontong siap dihidangkan. Jika ingin hangat, maka kukus sejenak hingga hangat. Iris kecil, hidangkan dengan sayur atau makanan pelengkap lainnya. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.sidomi.com

Komentar