Cegah Kanker dengan Jus Lobak

Sayuran Lobak (net)Sayuran Lobak (net)

TitikNOL - Ada cara praktis dan lezat untuk melawan kanker, yakni dengan mengonsumsi jus lobak. Cukup dengan meluangkan waktu selama lima menit untuk membuatnya, manfaat terhindar dari kanker dapat Anda rasakan.

Sayuran dari keluarga Brassicaceae yang telah eksis sejak abad 3 SM pada peradaban Roma dan Yunani kuno itu terbukti dapat membunuh jalur sel perkembangan kanker. Fakta itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan University of Maryland Medical Center.

Lobak yang pernah diabadikan dalam patung emas di Yunani kuno itu efektif pula menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kandung empedu. Penelitian lain telah menemukan, sayur yang kaya vitamin C itu juga bermanfaat bagi kulit, membantu atasi demam, berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-kongestif.

Sayuran dalam gradasi warna merah ke ungu atau putih ke hitam itu terbukti sangat rendah kalori, tanpa kolesterol, namun kaya serat. Apalagi, lobak mengandung vitamin B dan C, fitonutrien, zinc, dan fosfor melimpah.

Mineral lain yang ditemukan termasuk besi, magnesium, tembaga, kalsium, serta senyawa sulforaphane, yang terbukti menurunkan risiko kanker prostat dan ovarium. Lobak juga kaya vitamin A dan K, omega-3, serta kombinasi anthocyanin dan folat yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.

Lobak melawan infeksi dan membantu dalam memerangi mikro-organisme lain dari menyerang tubuh. Mereka sangat membantu sebagai asisten pencernaan, dan membantu menjaga saluran empedu yang sehat, dikutip dari laman About.com, Selasa (18/1).

 

 

 

Sumber: republika.co.id

Komentar