Dampak Buruk Tidur dengan Lampu Menyala

Ilustrasi. (Dok: Grid)Ilustrasi. (Dok: Grid)

TitikNOL - Tidak semua orang menyukai tidur dengan keadaan lampu padam. Padahal, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan jika tidur dengan lampu menyala akan berdampak buruk bagi kesehatan. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Insomnia

Dampak yang paling umum terjadi adalah munculnya gangguan tidur, yakni insomnia. Hal ini dikarenakan orang yang tidur di bawah lampu menyala cenderung memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang buruk.

2. Depresi

Tidur dengan lampu menyala juga bisa menyebabkan depresi lho. Dikutip dari Everyday Health, seorang peneliti bernama Tracy Bedrosian mengungkapkan jika lampu di malam hari dapat memicu tingkah laku seperti depresi dan perubahan pada otak. Hal tersebut muncul akibat ritme sirkadian yang terganggu.

3. Obesitas

Menurut studi yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemology, cahaya lampu yang menyala saat tidur dapat menurunkan produksi hormon melatonin sehingga mengganggu metabolisme dan pola makan. Akibatnya indeks massa tubuh dan pinggang akan menjadi lebih besar.

4. Kanker payudara

Tidur dalam keadaan cahaya terang membuat tubuh kekurangan hormon melatonin yang bertugas untuk menekan sel kanker. Akibatnya, bagi wanita yang kerap tidur dengan kondisi tersebut akan memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara.

5. Meningkatkan risiko kanker

Tidak hanya kanker payudara bagi wanita saja yang bisa terjadi saat tidur dengan kondisi lampu menyala. Sebab, kekurangan hormon melatonin pada tubuh juga dapat meningkatkan risiko munculnya sel kanker dalam tubuh. Kondisi ini bisa saja menyerang siapapun, baik wanita maupun pria.

6. Perubahan hormonal

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem di mana saat gelap harus tertidur dan saat muncul cahaya akan terbangun. Sayangnya, paparan cahaya lampu saat tidur dapat menyebabkan kekacauan pada sel-sel otak sehingga hormon pun akan terganggu.

7. Kemandulan bagi wanita

Tidak hanya risiko kanker payudara saja, wanita yang tidur dengan lampu menyala juga dihantui dengan menurunnya tingkat kesuburan yang dapat menyebabkan kemandulan. Dari studi yang ada, masalah tersebut biasanya terkait pada siklus menstruasi.

Tidur dengan lampu menyala nyatanya sudah jelas dapat merugikan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, hindari kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Jangan sampai dihantui kondisi kesehatan yang berbahaya!

Berita ini telah tayang di idntimes.com, dengan judul: 7 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala, Risiko Kesehatannya Tidak Sepele!

Komentar