Dua Masjid Bawah Tanah di Papua Raih Penghargaan MURI

Masjid Al Munawwar. (Dok: slank)Masjid Al Munawwar. (Dok: slank)

TitikNOL - PT Freeport Indonesia mendapatkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk dua masjid yang dibangun di area pertambangan perusahaan tambang multinasional ini di Tembagapura, Mimika, Papua.

Dua masjid yang dibangun Freeport ini mendapatkan penghargaan sebagai masjid yang terdalam dan masjid yang dibangun di elevasi tertinggi di Indonesia.

Dilansir dari keterangan tertulis, Selasa 10 Januari 2017, piagam MURI yang diterima Freeport adalah masjid yang dibangun di bawah tanah dengan kedalaman 1.700 meter di bawah permukaan air laut dan masjid yang dibangun di elevaasi tertinggi dengan ketinggian 3.730 di atas permukaan air laut.

Presiden Direktur Freeport Indonesia, Chappy Hakim, mengapresiasi penghargaan MURI. Menurut dia, penghargaan ini merupakan apresiasi kepada komitmen Freeport dalam menyediakan fasilitas ibadah untuk karyawan perusahaan tambang ini.

Chappy mengatakan masjid yang dibangun di bawah tanah adalah Masjid Munawwar. Masjid ini dibangun berdampingan dengan gereja.

“Masjid Munawwar dan Gereja Oikumene Sotaria yang berdiri berdampingan satu sama lain tersebut terletak di titik terdalam dari permukaan tanah di kompleks tambang bawah tanah,” kata dia.

Sementara itu, masjid yang dibangun di atas ketinggian lebih dari 3 ribu meter adalah Masjid Al A’Raaf. Masjid tersebut dibangun di area pertambangan terbuka di Grasberg, PT Freeport Indonesia.

Sumber: www.dream.co.id

Komentar
Tag Terkait