Efek dan Manfaat Dari Posisi Tidur

Ilustrasi/netIlustrasi/net

TitikNOL - Bagi kebanyakan orang, posisi berbaring di tempat tidur merupakan suatu kebiasaan dan bahka tidak mereka sadari ketika tidur. Tetapi, tahu kah anda jika posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan anda?

Berdasarkan hasil temuan sejumlah peneliti yang dikutuib oleh Dailymail, Senin (25/1/2016) posisi tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan seseorang namun juga mimpi saat tidur. Misalnya, tidur dengan menghadap kesebelah kiri meningkatkan seseorang untuk mengalami mimpi buruk.

Berikut empat posisi tidur yang umum dilakukan orang-orang beserta efek dan manfaatnya. Apakah ini salah satu posisi favorit anda?

Posisi Tidur Menghadap ke Kiri

Menurut Mattew Noble, Dokter sekaligus konsultan kesehatan online di Health.com, gejala sakit maag sering terjadi ketika malam hari. Namun posisi tidur menghadap kekiri membantu secara signifikan mengurangi kebocoran asam dari lambung.

Namun disi lain berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di Universitas Yuzuncu Yil di Turki, 40,9 persen orang-orang yang tidur menghadap kekiri mengalami mimpi buruk, di bandingkan dengan 14,6 persen mereka yang tidur menghadap ke kanan.

Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur dengan terlentang dipercayai ampuh dalam mengobati sakit pinggang dan membuat tidur anda lebih nyaman. Tidak hanya itu, menurut Goesel Anson, seorang dokter kecantikan, posisi tidur telentang dapat mengurangi keriput di wajah.

Ini disebabkan karena posisi wajah yang tidak bergesekan langsung dengan batal, sehingga tekanan selama tidur di kulit wajah yang bisa mengakibatkan keriput dan bintik-bintik bisa dihindari.

Namun disisi lain posisi tidur ini akan meningkatkan potensi anda mendengkur dan sleep apneaSleep apnea merupakan suatu keadaan dimana kurangnya oto di saluran pernafasan yang membuat anda mendengkur keras dan berhenti bernafas selama sepuluh detik atau lebih saat tidur.

Posisi Tidur Menghadap ke Kanan

Jika anda memiliki tekana darah tinggi, sudah saatnya anda harus merubah posisi tidur anda menghadap ke kanan. Pasalnya posisi ini memberikan ruang eksrak di rongga dada sebelah kiri, kondisi ini mampu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung yang lambat.

Menurut peneliti dari Universitas Stony Brook di AS, posisi tidur ini dapat mencegah penyakit neoro degeneratif alzheimer karena posisi ini dapat meningkatkan pembersihan sampah di otak, sumsum tulang belakang dan sistem saraf.

Namun bagi anda yang tengah hamil tua, tidak disarankan untuk tidur posisi ini karena meningkatkan potensi kematian terhadap janin. Berdasarkan penelitian dari University of Auckland, Selandia Baru ditemukan 155 bayi meninggal akibat sang ibu tidur dengan posisi ini.

Posisi Tidur Tengkurap

Apakah anda senang dengan posisi tidur ini? Tahu kah anda posisi ini mampu memberikan efek nyaman pada penceraan setelah makan berat. Tidak hanya menurut para ahli dari Shue Yan University Hongkong, orang yang tidur dengan posisi ini cenderung mengalami mimpi yang lebih menarik.

Namun dari sisi kesehatan, ini merupakan posisi terburuk saat tidur. Karena banyak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

 

 

 

 

Sumber: www.covesia.com

Komentar