Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Kacamata

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Kacamata kini tak sekadar alat bantu membaca atau melihat, tapi juga menjadi bagian dari item fesyen yang bisa menunjang penampilan.

Tak heran bila saat ini begitu banyak pilihan kacamata dengan bentuk yang menarik dan trendi, baik untuk kacamata hitam (sunglasses) ataupun kacamata yang digunakan untuk sehari-hari (i wear glasses).

Harganya pun beragam, mulai dari kacamata yang dijual dengan harga sangat terjangkau hingga jutaan rupiah. Jika Anda ingin membeli kacamata, sebenarnya apa sih yang harus diperhatikan?

Menurut James Hadisurjo, Managing Director, Bridges Eyewear, brand kacamata lokal untuk kaum muda, ketika ingin memilih kacamata, yang paling utama diperhatikan adalah kacamata yang disesuaikan dengan bentuk wajah.

"Pilihlah bentuk kacamata yang kontras dengan bentuk wajah. Kalau wajahnya bulat, gunakan kacamata sedikit kotak. Wajah kotak, gunakan kacamata bulat. Ini akan terlihat lebih cocok di wajah," ungkap dia saat ditemui dalam peluncuran 'Bridges Eyewear' di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Selain itu, lanjut James, sesuaikan pula lebar wajah dengan lebar kacamata. Jika wajah kecil, pilihlah kacamata yang tak terlalu besar. Begitu pula sebaliknya, jika wajah besar, kacamata yang digunakan sebaiknya jangan terlalu kecil.

Nah, untuk memilih kacamata hitam, James menyarankan sebaiknya tidak sembarangan ketika membelinya. Usahakan membeli kacamata hitam yang sudah dilapisi dengan anti UV yang bisa menangkal radiasi sinar ultraviolet pada mata.

Saat ini, lanjut dia, kacamata hitam dengan Anti UV adalah salah satu standar keamanan yang digunakan di seluruh dunia. Biasanya informasi ini akan tertera pada stiker ujung kacamata atau pada kemasan luar.

"Meskipun gelap, tidak semua kacamata memakai coating Anti UV. Ini bisa membahayakan jika dibiarkan terus menerus. Seperti kerusakan retina," ujar dia.

Mata juga bisa mengalami photokeratitis akibat kornea yang terbakar sinar UV. Photokeratitis akan menimbulkan rasa sakit pada mata dan mata bisa menjadi sensitif akibat cahaya.

Sumber: www.suara.com

Komentar
Tag Terkait