Hanya dengan Cuka Bisa Atasi Karat Pada Tangki Motor

Tangki sepeda motor. (Dok: Tribunnews)Tangki sepeda motor. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Tangki bahan bakar yang berkarat menjadi salah satu persoalan tersendiri bagi pemilik sepeda motor. Sebab, bisa membuat kinerja mesin terganggu lantaran menumpuk pada saringan bensin atau masuk ke sistem injeksi atau kaburator.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bisa tangki motor sudah terlanjur berkarat? Sebelum karat tersebut menimbulkan kebocoran ada cara sendiri buat membersihkan bagian dalam tangki yang berkarat.

Sidik, teknisi dealer Yamaha Deta, Pondok Bambu, Jakarta Timur, mengatakan kerak karat pada tangki dapat dihilangkan. Caranya, pertama-tama tangki harus dilepaskan dari motor. Kemudian, kuras tangki hingga kosong tanpa ada tersisa bensin di dalamnya. Setelah itu, isi tangki tersebut dengan air cuka hingga penuh.

"Lalu didiamkan seharian, setelah itu dibilas dan kocok tangki pakai bensin. Kemudian, kuras sampai bersih dan kering," kata Sidik saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa (9/1/2018) Lalu.
Lebih lanjut menurut Sidik, tangki bensin yang sudah dibersihkan itu juga bisa dilapisi dengan cairan pelapis lantai (epodur). Menurut Sidik, cairan tersebut aman digunakan pada tangki dan dapat mencegah terjadinya korosi.

Caranya, cairan epodur diisi ke dalam tangki bensin. Lalu, kocok tangki bensin agar cairan melapisi bagian dalam tangki secara merata.

"Setelah tangkinya dikocok-kocok sampai kira-kira merata, lalu sisa cairannya dibuang. Jangan sampai ada yang mengendap atau menggumpal," kata pemilik bengkel R3 Painting tersebut.

Setelah kering, pasang kembali tangki bensin dan motor pun siap digunakan.

Berita ini telah tayang di kompas.com, dengan judul: Modal Cuka, buat Usir Karat pada Tangki Bensin Motor

Komentar