Indonesia Menempati Urutan Negara Kedua dengan Bahasa Terbanyak

Peta Indonesia. (Dok: sejarahnegara)
Peta Indonesia. (Dok: sejarahnegara)

TitikNOL - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki penduduk beragam ras. Hal itu membuat penduduk Indonesia memiliki berbagai macam bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Keberagaman bahasa yang digunakan, membuat Indonesia menduduki peringkat kedua, negara dengan bahasa terbanyak di dunia.

Seperti dikutip dari laman resmi lembaga riset dan telaah bahasa, Ethnologue, Selasa (22/11/2016), jumlah bahasa yang digunakan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 709 bahasa. Jumlah itu bahkan mengungguli Negara Paman Sam, yang berada di urutan kelima dengan 430 bahasa.

Sebanyak 707 bahasa percakapan masyarakat Indonesia merupakan bahasa asli, sementara dua lainnya adalah bahasa asing yang di bawa oleh kaum pendatang. Tapi, sayangnya, hasil penelitian itu menyatakan 76 bahasa asli dari masyarakat Indonesia terancam punah, karena jarang digunakan.

Sementara Papua Nugini yang wilayahnya masih menyatu dengan Indonesia, berada di peringkat pertama sebagai negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Papua Nugini tercatat memiliki 840 bahasa asli dari penduduknya.

Sedangkan diposisi ketiga dan keempat ditempati oleh Nigeria dan India. Sementara Amerika Serikat menempati posisi kelima, yang memiliki 430 bahasa. Namun, sebanyak 211 merupakan bahasa asing yang berasal dari kaum pendatang.

Sumber: www.solopos.com

Komentar