Ingin Tidur Lebih Puas, Berikut 6 Langkah yang Harus Dilakukan

Ilustrasi tidur pulas. (Dok: greatist)
Ilustrasi tidur pulas. (Dok: greatist)

TitikNOL - Pikirkan kembali faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur Anda di malam hari – mulai dari stres karena pekerjaan, tanggung jawab terhadap keluarga, hingga tantangan lain yang tidak dapat diprediksi kedatangannya, sakit. Tidak mengherankan jika kualitas tidur Anda sulit dipahami.

Anda mungkin tidak dapat mengingat apa saja yang menjadi faktor penyebab terganggunya istirahat Anda di malam hari, namun Anda dapat mencoba tip berikut ini untuk meningkatkan kualitas istirahat Anda.

Buat jadwal
Bagi orang dewasa dianjurkan untuk beristirahat di malam hari maksimal 7 jam atau tidak lebih dari 8 jam. Tidur dan bangun di waktu yang sama, setiap hari. Buat perbedaan, antara waktu tidur saat hari kerja dan hari libur, dengan catatan kelonggarannya tidak lebih dari satu jam. Lakukan dengan konsisten. Jika tidak juga terlelap setelah 20 menit berada di atas tempat tidur, tinggalkan kamar Anda dan lakukan hal yang dapat merelaksasi tubuh. Membaca atau mendengarkan musik. Kembali ke kamar saat merasa lelah. Ulangi jika memang diperlukan.

Makanan dan minuman
Jangan tidur dengan keadaan perut kosong (lapar). Hindari makanan berat beberapa jam sebelum tidur, setidaknya biarkan tubuh mencerna makan malam sebelum Anda terlelap. Nikotin, kafein dan alkohol juga harus dibatasi.

Ciptakan lingkungan yang nyaman
Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Dengan kata lain, udaranya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, pencahayaan tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang serta tenang. Matikan ponsel dan tidak tergoda untuk menonton televisi di kamar. Lakukan aktivitas yang dapat merelaksasi tubuh sebelum tidur, seperti mandi.

Tidur siang
Tidur siang terlalu lama ternyata dapat mengganggu pola tidur di malam hari. Jika Anda memutuskan untuk tidur siang, batasi maksimal 30 menit. Hindari tidur terlalu sore.

Olahraga
Olahraga rutin setiap harinya dapat membantu Anda untuk mudah terlelap di malam hari. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat sebelum tidur.

Kelola stres
Selesaikan pekerjaan kantor atau masalah pribadi sebelum tidur. Jika memang tidak dapat diselesaikan malam itu juga, beri tubuh, terutama otak Anda waktu untuk beristirahat.

Berita ini telah tayang di Tempo.co, Kamis 27 Juli 2017 dengan judul 6 Langkah Agar Tidur Lebih Pulas

Komentar
Tag Terkait