Ini 4 Cara Berhenti Ketergantungan Gadged

Ilustrasi. (Dok: Solopos)
Ilustrasi. (Dok: Solopos)

TitikNOL - Gadget tentunya menjadi salah satu benda yang selalu ada di dekat kita setiap hari, tapi jika kalian ingin berhenti ketergantungan dari gadget yang dimiliki sepertinya kalian bisa mulai mencoba 4 cara di bawah ini.

Gadget memang bisa memudahkan banyak aktivitas kita, tapi efek negatif dari gadget juga cukup lumayan banyak.

Nah, jika kalian ingin mencoba untuk berhenti dari ketergantungan gadget atau mengurangi pemakaiannya, kalian bisa coba dulu 4 cara di bawah ini.

Yakinkan niat dan coba untuk komitmen

Berhenti dari ketergantungan gadget memang tidaklah mudah, jadi hal pertama yang harus kalian siapkan adalah niat dan mau komitmen. Jika kalian sudah memiliki niatan yang kuat pastinya mencoba untuk mengurangi pemakaian gadget juga akan lebih mudah.

Setelah niat, jangan lupa untuk komitmen ya. Miliki pemikiran bahwa niat kalian untuk mengurangi penggunaan gadget itu bisa memberikan dampak positif bagi kalian, jadi pastinya kalian pun bisa lebih berkomitmen.

Mulai mengurangi penggunaan gadget

Untuk berhenti ketergantungan gadget memang nggak bisa secara instan dilakukan. Setelah memantapkan niat, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan gadget nih Teens.

Ingin berhenti ketergantungan dengan gadget itu bukannya kita harus langsung berhenti menyentuh gadget. Sebaiknya batasi dulu waktu penggunaan gadget dan pastinya hal itu bisa mengurangi ketergantungan kalian dengan gadget.

Singkirkan aplikasi yang bisa membuat kalian ketergantungan

Salah satu dampak negatif dari ketergantungan dengan gadget ialah bisa membuat kita malas untuk belajar. Saat berkutat dengan gadget dan media sosial biasanya kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga lupa belajar dan malas melakukan aktivitas yang lainnya.

Jika sudah begitu cobalah untuk menyingkirkan aplikasi yang biasanya membuat kalian ketergantungan tersebut.

Cobalah melakukan aktivitas lain yang lebih produktif

Ketergantungan dengan gadget biasanya juga disebabkan karena kalian malas untuk melakukan aktivitas. Kalian suka mager dan hanya bermain gadget saja. Jadi jika kalian ingin berhenti dari ketergantungan gadget, kalian bisa mencoba untuk mencoba melakukan suatu aktivitas lain yang lebih produktif.

Berita ini telah tayang di teenco.id, dengan judul: Ingin Berhenti dari Ketergantungan Gadget? 4 Cara Ini Bisa Kalian Coba!

Komentar