Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Hubungan Langgeng

Ilustrasi. (Dok: Vemale)
Ilustrasi. (Dok: Vemale)

TitikNOL - Punya hubungan yang langgeng pasti menjadi dambaan banyak pasangan. Gak mau dong setelah hubunganmu diketahui banyak orang, atau keluarga mu telah saling kenal, tiba-tiba kamu putus di tengah jalan.

Saat merasa telah begitu sayang pada dia, dan amat berharap bahwa dia adalah pelabuhan terakhir kamu, semua itu nggak bisa kamu gantungkan begitu saja hanya pada kesetiaan dan rasa cinta semata. Perlu ada beberapa hal yang seharusnya kamu dan pasangan lakukan untuk membuat hubungan kalian lebih baik dan berujung di pernikahan, bahkan sampai maut memisahkan.

1. Keterbukaan

Hal pertama yang seharusnya kamu lakukan adalah terbuka pada dia. Artinya, jangan pernah menutup-nutupi hal yang seharusnya pasanganmu ketahui.

Keterbukaan bisa meminimalisir terjadinya kesalahpahaman yang berakibat buruk bagi hubungan. Saling terbuka juga membuat kalian lebih bisa memahami satu sama lain dan mengenal pribadi masing-masing lebih dekat.

2. Menjaga komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu poin penting bagi keberlangsungan suatu hubungan. Komunikasi yang baik akan membuat kalian berdua sama-sama nyaman, sehingga hubungan pun akan berlangsung lancar.

Berbeda jika seandainya kamu dan pasangan menjalani komunikasi yang putus nyambung, hubungan kalian pasti akan terasa tidak jelas. Bahkan tidak menutup kemungkinan hadirnya orang baru yang bisa menemani ketika kamu dan pasangan tidak berkomunikasi satu sama lain.

3. Menjaga emosi

Saat terjadi pertengakaran, keluarnya emosi yang meluap-luap dan tak dapat dikendalikan bisa membuat pasangan kamu tidak nyaman, merasa tidak dihargai, sakit hati, atau bahkan merasa takut dan membuatnya berpikir dua kali untuk bertahan.

Semua masalah sebenarnya bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Kebijaksanaan tentu harus bisa kamu dan pasangan terapkan jika kalian memang sama-sama dewasa.

4. Cepat dalam menyelesaikan masalah

Ketika kalian dihadapkan pada masalah atau sebuah kesalahpahaman, jangan sampai menunda-nunda atau saling diam dan membuat masalah berlalu begitu saja. Baik kamu maupun pasangan harus dengan cepat mencari solusi dan langkah terbaik yang bisa menyelesaikan permasalahan yang ada.

Jika terbukti berbuat salah, kamu harus berani dengan cepat meminta maaf dan mengalah. Begitupun jika pasanganmu berbuat salah, kamu sebaiknya bisa memberinya kesempatan untuk belajar dari kesalahannya. Jangan pernah membuat masalah menggantung begitu saja, ya!

5. Selalu ada kesempatan untuk meluangkan waktu berdua

Quality time antara kamu dan pasangan juga dibutuhkan lho agar kasih sayang kalian semakin tumbuh dan terjaga. Jangan hanya sibuk bekerja memperjuangkan masa depan, kalian juga perlu bersenang-senang dan menghabiskan waktu berdua untuk membangun keharmonisan bagi hubungan cinta bersama.

Hanya berbekal setia dan rasa cinta saja ternyata nggak cukup untuk membentuk hubungan yang langgeng. Sikap dewasa dan pengertian dari kamu dan pasangan juga begitu menentukan akhir hubungan kalian.

Berita ini telah tayang di idntimes.com, dengan judul: Gak Cukup Hanya Setia, 5 Hal Ini Juga Harus Dilakukan Agar Hubungan Langgeng

Komentar