Ini 5 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Kulit yang Belum Anda Ketahui

Ilustrasi. (Dok: Glamourindonesia)
Ilustrasi. (Dok: Glamourindonesia)

TitikNOL - Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata kaktus? Secara sepintas, pikiran kamu mungkin akan langsung tertuju pada tanaman berduri yang tumbuh di gurun pasir. Meskipun identik dengan kondisi gersang dan iklim tropis, tanaman yang mampu menahan volume air ini rupanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit.

Tak seperti jenis tanaman lainnya, penggunaan kaktus sebagai bahan baku dari suatu produk skin care memang masih tergolong minim. Meski demikian, belakangan ini sudah mulai banyak kok produk perawatan kulit yang mengandalkan ekstrak kaktus sebagai salah satu ingredients-nya. Nah, jika kamu penasaran apa saja manfaat kaktus bagi kulit, baca terus artikel ini, ya!

Mencegah Penuaan Dini

Berkat kandungan anti-oksidannya yang berlimpah, kaktus mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Salah satu jenis anti-oksidan yang dapat kamu temui pada kaktus adalah betalains, yakni anti-oksidan super yang dapat mengurangi pembentukan garis halus dan keriput.

Kaktus juga kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Tak hanya itu saja, tanaman berduri ini juga kaya akan kandungan vitamin K yang dapat membantu mencerahkan area gelap bawah mata dan spider veins.

Mengikat Cairan pada Kulit

Salah satu penyebab menurunnya kesehatan kulit adalah kurangnya kadar kelembapan. Hal ini dapat disebabkan banyak hal, mulai dari dehidrasi, hingga terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari. Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah ini, coba gunakan produk yang memiliki kandungan kaktus, deh!

Berkat kemampuannya menyimpan volume air, tanaman berduri yang satu ini secara efektif dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Saat digunakan pada skin care, kaktus bahkan dapat mencegah evaporasi pada epidermis sekaligus bertindak sebagai pelembap. Luar biasa, bukan?

Anti-Inflamasi

Kondisi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada wajah seringkali menyebabkan terjadinya dampak buruk. Misalnya saja, rusaknya sel kolagen yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Penggunaan skin care dengan kandungan kaktus dapat mencegah peradangan pada kulit berkat kandungan flavonoid (jenis senyawa yang memiliki manfaat anti-inflamasi) yang dikandungnya.

Selain itu, kaktus memiliki analgesic properties, sebuah kandungan yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit. Tak heran jika banyak yang mengandalkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi luka pada kulit dan masalah luka dalam lainnya.

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas seperti yang berasal dari radiasi sinar UV, polusi udara, hingga asap rokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sel dan jaringan kulit. Molekul dari radikal bebas dapat dilawan menggunakan anti-oksidan. Inilah manfaat kaktus yang dapat kamu rasakan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan betalain pada kaktus dapat melenyapkan radikal bebas pada tubuh. Kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini juga dapat melawan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Memperbaiki Sel Kulit yang Rusak

Manfaat kaktus yang selanjutnya adalah untuk memperbaiki sel kulit. Berkat kandungan anti-oksidannya yang sangat tinggi, regenerasi kulit menjadi lebih cepat sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar. Kemerahan dan hiper pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan skin care yang mengandung kaktus.

Menariknya lagi, kamu yang memiliki masalah dengan pori-pori juga dapat merasakan manfaat baik berkat kandungan asam lemak pada kaktus yang mampu membuat lapisan kolagen pada kulit tetap lembap dan sehat, sehingga pori-pori akan tetap rapat.

Berita ini telah tayang di vemale.com, dengan judul: Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Kulit yang Banyak Belum Diketahui Orang

Komentar