Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi. (Dok: Prenagen)Ilustrasi. (Dok: Prenagen)

TitikNOL - Ketika seorang ibu tengah mengandung, banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, pekerjaan yang tidak boleh dilakukan, pakaian yang dikenakan, hingga posisi tidur.

Pada saat hamil, ibu tidak bisa asal tidur dengan posisi favoritnya karena berpengaruh terhadap janin yang tengah dikandung. Di awal kehamilan, ibu mungkin akan merasa tidak nyaman karena rasa mual dan dorongan untuk ke toilet.

Selain itu, perubahan bentuk badan yang mulai terjadi juga akan memengaruhi kualitas tidur. Solusinya adalah ibu bisa meletakkan banyak bantal di sekitarnya agar membuat tubuh lebih rileks.

Mengenai posisi tidur, posisi yang sangat disarankan untuk ibu hamil adalah sleeping on side (SOS) atau tidur miring. Bagi ibu hamil yang terbiasa tidur terlentang, ubahlah kebiasaan itu seiring bertambahnya usia kandungan. Tidur dengan posisi tersebut tidak dianjurkan bila kandungan semakin besar.

Tidur terlentang rahim dapat memberi tekanan pada otot punggung, tulang belakang, dan pembuluh darah utama. Hal itu berpengaruh terhadap aliran darah di tubuh dan janin yang tengah dikandung. Pada tingkat yang lebih parah, tidur terlentang dapat menyebabkan janin meninggal dalam kandungan.

Melansir berbagai sumber, American Pregnancy Association merekomendasikan posisi tidur miring dengan meletakkan bantal di antara kedua kaki ibu. Selain itu, posisi miring ke kiri dianggap sebagai posisi terbaik karena bisa meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi yang mencapai plasenta hingga ke janin. Posisi miring ke kiri mencegah rahim memberi tekanan pada hati sehingga janin mendapatkan cukup oksigen dan mengurangi energi untuk menarik aliran darah optimal bagi ibu dan bayi.

Walau begitu, posisi tidur miring ke kanan juga tidak bisa dikatakan tidak baik. Semuanya kembali lagi terhadap kenyamanan ibu. Sebab, pada saat hamil sulit bagi ibu mendapatkan tidur nyenyak.

Sebagai bantuan, ibu bisa menggunakan bantal yang didesain khusus untuk kehamilan. Bantal tersebut juga bisa menahan posisi ibu ketika tidur. Jangan lupa untuk meminta bantuan pasangan jika ibu mengalami kesulitan untuk tidur. Dukungan dari pasangan berdampak positif bagi ibu.










Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Tidur Jadi Tidak Nyaman Ketika Hamil? Cobalah Posisi Tidur Terbaik Ini

Komentar