Ini Waktu Terbaik Bersama Pasangan Menurut Riset

Ilustrasi. (Dok: lanlinglaurel)
Ilustrasi. (Dok: lanlinglaurel)

TitikNOL - Para pasangan suami istri yang baru menikah mungkin bertanya-tanya kapan waktu paling tepat untuk berhubungan suami istri. Sebuah riset yang dilakukan perusahaan kesehatan Forza Supplements menyebutkan bahwa pagi hari adalah saat terbaik, tepatnya pukul 07.30.

Alasannya, pada jam tersebut seseorang memiliki tingkat energi paling tinggi sehingga memiliki stamina yang optimal. Hormon endorfin yang dipicu dari saat berhubungan juga akan menurunkan tekanan darah dan tingkat stres, membuat seseorang merasa lebih bersemangat selama sisa hari.

Untuk mengambil kesimpulan tersebut, tim periset memonitor jam tubuh 1.000 orang peserta yang berpartisipasi. Lantas, mereka menganalisis kapan rata-rata waktu yang tepat bagi mereka untuk melakukan berbagai aktivitas agar mendapatkan hasil maksimal, termasuk berhubungan.

Selain soal hubungan suami istri, riset juga mengungkap waktu yang tepat untuk makan, tidur, berolahraga, dan produktivitas kerja. Waktu sarapan yang paling tepat ialah pukul 07.15 pagi, makan siang pukul 12.15, dan makan malam pukul 18.00 demi asupan kalori maksimal.

Level konsentrasi seseorang tercatat memuncak tiga jam setelah terjaga, maka waktu terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan paling berat di kantor adalah sekitar pukul 09.45. Sekitar satu jam kemudian, tingkat stres mencapai puncaknya pada pukul 10.45 dan itulah saat terbaik untuk sejenak bersantai.

Terkait olahraga, sebanyak 54 persen peserta studi mengalami pembakaran kalori paling baik setelah lari pagi sebelum sarapan, tepatnya pukul 07.00. Berbeda dengan olahraga di pusat kebugaran yang jauh lebih efektif dilakukan setelah bekerja, sekitar pukul 18.30.

Riset pun mengungkap bahwa 56 persen peserta studi merasa tidak cukup tidur dan terbangun dengan lelah di pagi hari. Bagi yang merasa sama, disiplinkan diri untuk pergi tidur setiap pukul 22.10 malam agar mendapat tidur berkualitas dan bangun dalam kondisi bugar keesokan harinya, dilansir dari laman Huffpost.

Berita ini telah tayang di republika.co.id, Jumat 11 Agustus 2017 dengan judul Riset Ungkap Waktu Terbaik untuk Bersama Pasangan

Komentar