Ini yang Terjadi pada Otak Ketika Berhenti Pakai Make Up

Ilustrasi. (Dok: Minews)
Ilustrasi. (Dok: Minews)

TitikNOL - Sebagian orang merasa lebih percaya diri ketika mengenakan riasan wajah atau make up. Psikoterapis holistik, Jennifer Pepper, MA AMFT menjelaskan, ketika mengenakan riasan wajah, kita mengirimkan pesan pada alam bawah sadar kita, bahwa kita tidak sempurna dan ketidaksempurnaan itu perlu ditutup atau disamarkan.

Pada dasarnya, Pepper menjelaskan bahwa kita lebih bahagia dengan perubahan penampilan, karena itu memengaruhi perasaan kita dari dalam. Itu cukup menjelaskan mengapa banyak dari kita yang bereaksi dan berpikir "itu bukan saya", ketika melihat wajah yang sudah dirias di depan cermin.

Ketika kondisi itu terjadi, otak kita merasa memiliki keterikatan dengan versi wajah kita yang sudah dikoreksi dan ditingkatkan. Banyak orang menjadikan merias wajah sebagai bagian dari rutinitas harian. Terapis Talkspace, Meaghan Rice, PsyD, LP mengatakan, bagi orang-orang tersebut, melewatkan make up seolah membuat diri mereka merasa sedikit tidak seimbang.

"Ketidakseimbangan kecil bisa bertambah dan membuat kita merasa kurang percaya diri tentang diri kita sendiri," ungkapnya. Dalam pengertian itu, reaksi otak bukan hanya memengaruhi kepercayaan diri seseorang melainkan juga karena adanya sebuah perubahan pola.

Lalu, apa yang terjadi pada otak jika yang terjadi adalah sebaliknya? Seperti diungkapkan oleh Rice, otak akan menyadari ketika kita melanggar suatu rutinitas tertentu. Tetapi, kita juga bisa membentuk rutinitas baru, dalam hal ini membentuk rutinitas tidak mengenakan riasan wajah.

"Semakin banyak kita melakukan sesuatu, semakin baik perasaan kita, dan kemudian kita bisa belajar melepaskan diri dari pendapat orang lain," katanya. Ini menjelaskan mengapa kebiasaan tanpa make up tidak terjadi dalam semalam, melainkan butuh waktu panjang untuk menjadikannya sebagai rutinitas.

Dan pada kondisi pandemi seperti sekarang, tidak mengenakan make up rasanya menjadi hal yang semakin normal. Untuk memahami hubungan diri kita dengan riasan wajah secara lebih jelas, perlu untuk memikirkan apakah kita merias wajah untuk orang lain atau untuk diri kita sendiri? Setelah lebih menyadari peran make up dalam hidup kita, kita akan dapat membantu otak menyesuaikan citra diri kita yang baru.

"Bicaralah pada dirimu sendiri dengan cara yang penuh kasih. Ini akan mengirimkan pesan ke alam bawah sadarmu bahwa kamu lebih berharga daripada sekadar penampilan, dan itu sudah cukup membuat dirimu mencintai dirimu sendiri dan kehidupanmu secara umum," ungkap Rice.

Sebuah studi di 2016 yang dipublikasikan di American Psychological Association meminta sejumlah perempuan untuk melihat diri mereka di cermin setiap hari selama dua minggu tanpa make-up. Seiring berjalannya waktu, tingkat kepercayaan diri mereka semakin meningkat dan mereka semakin mencintai dirinya. Tingkat ketidaknyamanan dan tekanan yang mereka rasakan secara keseluruhan juga menurun. Namun, ada sesuatu yang lebih besar daripada itu.

“Menurut saya, melihat diri sendiri tanpa riasan wajah berulang kali memberi seseorang kesempatan untuk menentang pesan yang kita terima pada tingkat budaya, bahwa kita hanya bisa merasa percaya diri dengan diri sendiri jika terlihat 'rapi'," ungkap Psikolog klinis, Daniel Sher. Dalam pengertian ini, kita tidak hanya mendefinisikan ulang ide kecantikan, tetapi juga budaya.

Jeda merias wajah Riasan wajah tidak selalu buruk untuk kesehatan kulit kita. Tetapi, memberikan kulit waktu istirahat atau waktu jeda dari riasan wajah juga diperlukan. Ini dapat membantu membersihkan kulit wajah dengan memberikan ruang bernapas pada pori-pori kulit, dan cara ini juga dapat membantu kita mengidentifikasi apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit.

Misalnya, mungkin tanpa bedak dan concealer kita melihat bahwa ternyata kulit wajah kita tidak sekering atau berminyak seperti yang kita pikir. Namun yang paling penting, jeda merias wajah akan membantu kita lebih mampu melihat apa yang baik tentang wajah kita.

Berita ini telah tayang di lifestyle.kompas.com, dengan judul: Yang Terjadi pada Otak Ketika Kita Berhenti Pakai Make Up

Komentar