Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Jika Ingin Mencatok Rambut

Foto ilustrasi. (Dok:net)
Foto ilustrasi. (Dok:net)

TitikNOL - Seringkali heran, kenapa ya rambut lebih cantik saat dicatok di salon?

Selain memang mereka profesional dan sudah sering berlatih hair styling, mereka juga belajar bagaimana cara menggunakan alat catok yang benar. Alat catok atau flat iron termahal sekalipun tidak akan memberikan hasil yang terbaik bagi rambut bila Anda salah memakainya.

Dilansir Womenshealthmag.com, berikut adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan wanita saat menggunakan alat catok di rumah.

Tidak pakai serum

Jangan mengeluh rambut kering atau rusak apabila sebelum memakai hair dryer atau flat iron Anda tidak mengaplikasikan serum pada batang rambut Anda ya. Pastinya, serum atau vitamin rambut ini ampuh membantu mencegah kerusakan rambut dan melindungi rambut dari panas.

Apalagi bila Anda menggunakan alat catok setiap hari, serum rambut ini wajib digunakan.

Lebih suka suhu rendah ketimbang tinggi

Dalam benak Anda, pemakaian suhu rendah lebih baik ketimbang suhu tinggi karena bila tidak terlalu panas maka rambut akan baik-baik saja.

Sebenarnya, pemakaian suhu tinggi jauh lebih efektif karena Anda tidak perlu mengulang pencatokan yang menyebabkan panas jadi diaplikasikan berkali-kali. Hanya dengan satu atau dua kali catok bersuhu tinggi, Anda bisa menghasilkan rambut lurus yang Anda inginkan.

Melupakan sisir

Karena berpikir bahwa flat iron akan membuat rambut lurus, maka Anda melupakan penggunaan sisir. Alhasil, Anda harus mengulang beberapa kali agar hasilnya lurus dan lembut. Padahal, hasil akan lebih maksimal apabila Anda merapikan rambut terlebih dahulu dengan sisir sehingga rambut lurus, lembut dan tidak harus terkena panas berulang-ulang.

Terburu-buru melakukan styling

Rambut diluruskan dengan flat iron agar lebih mudah ditata bukanlah sebuah kesalahan. Namun, biarkan rambut dingin terlebih dahulu sebelum Anda melanjutkan menata rambut, entah itu mengikatnya atau melakukan up hair do.

Tidak pernah membersihkan alat catok

Seperti halnya sisir, flat iron juga perlu dibersihkan. Di saat tidak dipakai, lap dengan lap setengah basah kemudian keringkan. Bahan-bahan seperti serum atau hairspray yang menempel bisa mempengaruhi kualitas alat catok dan hasil styling rambut Anda.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.vemale.com

Komentar