Kembangkan Kendaraan Compact, Toyota dan Suzuki Jalin Kerja Sama

Ilustrasi. (Dok: freemalaysiatoday)
Ilustrasi. (Dok: freemalaysiatoday)

TitikNOL - Toyota Motor dan Suzuki Motor telah mengumumkan rencana kerja sama mereka pada Oktober 2016 terkait pengembangan kendaraan compact.

Pada Senin (6/2/2017), kedua perusahaan automotif Jepang itu akan memasuki babak baru dari kesepakatan tersebut. Demikian dikutip dari Reuters.

Pada Oktober tahun lalu, kedua pihak masih mencari bidang kerja sama pengembangan kendaraan compact yang akan dijalin. Kali ini keduanya dilaporkan sudah menemukan titik yang disepakati.

Seperti diketahui, Suzuki dikenal sebagai produsen mobil mini dan compact. Kerja sama ini semakin membuka peluang bagi perusahaan berlogo 'S' itu untuk mendapatkan warisan teknologi Toyota serta mendapat akses ke bagian riset dan pengembangannya.

Sementara Toyota diperkirakan akan mengambil keuntungan dari Suzuki untuk mendapatkan akses ke pasar India. Di negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia itu, Suzuki merupakan penguasa pasar automotif. Di bawah kerja sama dengan Maruti, Suzuki menguasai sekira 50 persen pasar automotif di India.

Kerja sama ini bukan pertama kali dilakukan kedua perusahaan. Untuk produk selain kendaraan compact, Suzuki sudah membeli teknologi hybrid dari Toyota.

Sumber: www.okezone.com

Komentar