Kenali Osteoarthritis, Penyakit yang Menyerang Tulang Rawan Sendi

Ilustrasi. (Dok: Weightlosssurgery)
Ilustrasi. (Dok: Weightlosssurgery)

TitikNOL - OSTEOARTHRITIS ialah penyakit sendi yang menyerang tulang rawan sendi yang diikuti pertumbuhan tulang baru (osteofit) di permukaan dasar sendi. Akibatnya gerakan sendi menjadi terbatas. Penyakit ini biasanya menyerang orang tua dan usia lanjut.

Pada awalnya penyakit Osteoarthritis menyerang rawan sendi. Tetapi selanjutnya akan menjalar pada kapsul, synofial, bahkan langsung pada tulangnya. Berbeda dengan rematik, Osteoarthritis tidak disertai radang dan juga tidak symetris.

Dalam keadaan normal, rawan sendi merupakan permukaan yang sangat halus dan licin. Juga elastis sehingga gerakan sendi lebih lancar, antartulang tidak terjadi pergesekan. Beban yang diterima sendi juga dapat diredam oleh sifat kelenturan tulang rawan.

Penyakit Osteoarthritis biasanya di awali dengan perubahan pada tulang rawan biasanya menjadi lebih kasar dan kering. Disertai dengan erosi, selanjutnya semakin tipis dan habis sama sekali. Akibatnya tulang pembentuk sendi bersentuhan langsung dan mudah terluka. Kemudian tumbuh tulang baru dan dinamakan osteofit.

Dengan adanya osteofit ini gerak sendi menjadi sangat terbatas dan mengalami perubahan bentuk. Penyebab penyakit ini umumnya adalah peradangan sendi atau rematik dan beberapa penyebab lainnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.inilah.com

Komentar