Ketahui Cara Mencuci Rambut yang Baik dan Benar

Foto ilustrasi keramas. (Dok:net)Foto ilustrasi keramas. (Dok:net)

TitikNOL - Kegiatan keramas atau mencuci rambut merupakan hal yang harus dilakukan secara teratur.

Saat keramas, jika Anda hanya mencuci rambut secara asal, bisa menyebabkan timbulnya masalah rambut seperti ketombe, rambut bercabang, dan rontok. Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara mencuci rambut yang benar, ikutilah cara di bawah ini agar rambut Anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah rambut.

1. Mulailah Membasahi Rambut dengan Air Hangat

Air hangat berguna mengangkat kotoran pada helaian rambut dan membuat pori-pori kulit kepala terbuka. Selain itu air hangat bisa merelaksasi fisik yang lelah setelah seharian bekerja.

2. Gunakan Sampo Sesuai Jenis Rambut

Setelah dibilas dengan air hangat, aplikasikan sampo yang cocok dengan jenis rambut. Bila rambut Anda kering, gunakanlah sampo khusus rambut kering. Jika mengalami kerontokan, maka gunakanlah sampo khusus rambut rontok. Saat mengoleskan sampo pada rambut, cara terbaik untuk meratakannya yaitu dimulai dari kulit kepala terlebih dahulu lalu ratakan ke ujung rambut bagian luar. Berikan pijatan ringan pada kulit kepala agar proses keramas lebih menyenangkan. Setelah selesai, bilaslah dengan air.

3. Kondisioner

Penggunaan kondisioner pada rambut memang sudah biasa. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa saat menggunakan kondisioner Anda harus mediamkannya selama beberapa saat. Diamkan selama 3 hingga 5 menit. Selain itu, jangan gunakan kondisioner pada akar rambut karena bisa menyebabkan timbulnya ketombe. Jadi, biasakan untuk mengaplikasikannya jauh dari kulit kepala.

4. Bilaslah Kondisoner Menggunakan Air Dingin

Air dingin yang kita gunakan pada saat membilas kondisioner akan berguna untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka karena penggunaan air hangat di awal proses keramas.

5. Jangan Mengulang Pemakaian Sampo

Beberapa orang enggan menggunakan kondisioner karena teksturnya yang licin dan seperti berminyak. Sebagian menggunakan sampo lagi untuk menghilangkan rasa licin dan berminyak pada rambut. Seharusnya tidak dilakukan karena kondisoner memiliki tekstur yang licin agar saat rambut kering menjadi lebih lembut.

6. Jangan Gosok Rambut dengan Handuk

Menggosok rambut yang basah dengan handuk merupakan proses yang dapat merusak kesehatan rambut. Rambut akan mudah patah, rontok dan kusut saat disisir. Sebaiknya cukup memeras rambut dengan handuk dan biarkan mengering secara alami.

Selain itu, Anda harus memperhatikan seberapa sering mencuci rambut. Cukup dua hari sekali, untuk mencegah rambut dari bahan-bahan kimia secara berlebihan. Dengan begitu rambut dan kulit kepala tetap sehat, terawat, dan indah alami.

Komentar