Kolaborasi dengan BMW, Toyota Siap Hadirkan Mobil Sport Terbaru

Toyota FT-1. (Dok: net)
Toyota FT-1. (Dok: net)

TitikNOL - Raksasa otomotif dunia asal Jepang, Toyota, dikabarkan tengah bersiap memperkenalkan mobil terbaru. Rencananya, mobil anyar itu diperkenalkan Toyota September 2017 nanti, dalam sebuah acara yang berlangsung di Jepang. Dan diprediksi, mobil baru ini memiliki kemampuan layaknya seri F milik Lexus.

Dilansir dari Auto News, sport car baru Toyota ini, jadi awal dari kelahiran “new sports car series”. Artinya Toyota akan memiliki jajaran mobil sport di masa depan. Selain itu, kelahiran seri sportcar Toyota, diklaim berdesain lebih emosional dari yang ada saat ini.

Toyota Supra generasi terkini yang akan pertama kali mengisi deretan seri mobil sport baru tersebut. Mobil ini digadang sebagai produk hasil kolaborasi mereka dengan pabrikan BMW, dan akan mengisi posisi teratas dari deretan sportscar yang akan hadir. Namun sayangnya, Toyota masih enggan memberikan bocoran terkait mobil yang hendak diperkenalkan ini. Yang pasti, desainnya akan berbasis mobil konsep Toyota FT-1 yang fenomenal itu.

Inautonews memberitakan, mobil baru ini tidak hanya diluncurkan untuk pasar Jepang, tapi juga dipasarkan secara global. Seperti diketahui, pasar mobil sport di kawasan Amerika Serikat, Eropa dan Asia seperti Cina, menyumbang angka penjualan yang cukup besar.

Sementara sejauh ini, diketahui Toyota merancang mobil sport buatannya dengan mendirikan divisi khusus bernama Gazoo Racing. Tim ini dibentuk untuk mengembangkan motor sport global Toyota yang tidak menutup kemungkinan untuk diproduksi secara massal. Seperti di tahun ini, Gazoo Racing memperkenalkan Toyota Yaris GRMN dengan menggunakan mesin 4-silinder 1,8 liter supercharged.

Mesin tersebut membuat hactback Toyota ini memiliki power hingga 205 PS. Tenaga yang dihasilkan Yaris GRMN, jadi salah satu yang terbesar di kelas kendaraan hacthback dan bersaing dengan Ford Fiesta ST dan VW Polo GTI. Sebagai informasi, GRMN merupakan singkatan dari “Gazoo Racing tuned by the Meister of Nurburgring”.

Mobil ini dikonfirmasi Toyota untuk diproduksi, namun unitnya terbatas hanya 400. Yaris GRMN diperkenalkan di Geneva Motor Show 2017, sebagai perayaan kembalinya Toyota ikut serta dalam ajang FIA World Rally Championship (WRC) tahun ini.

Dengan dipastikannya Toyota Sportscar Series tadi, bukan tidak mungkin kita akan menyaksikan kelahiran mobil sport baru seperti All-new Toyota 86.

Berita ini telah tayang di oto.com, Rabu 30 Agustus 2017 dengan judul Toyota Siap Lahirkan Mobil Sport Baru

Komentar