Sabtu, 20 Juli 2024

Konsumsi Makanan Ini untuk Mendinginkan Suhu Tubuh

Ilustrasi mentimun. (Dok:net)
Ilustrasi mentimun. (Dok:net)

TitikNOL - Ketika tubuh kita terpapar oleh sinar matahari yang terik dalam waktu cukup lama, kita bisa terkena dehidrasi dan serangan panas (heat stroke). Heat stroke ditandai dengan suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius dan bisa berakibat fatal karena menyebabkan kerusakan otak dan organ lain.

Saat tenggorokan terasa kering, haus, dan disertai dengan rasa pusing, itu berarti kita terkena dehidrasi. Untuk mencegah adanya heat stroke dan dehidrasi, kita perlu mengonsumsi cairan. Jika tak terlalu suka air putih, berikut ini ada pilihan makanan dan minuman yang bisa mencegah dehidrasi dan heatstroke.

1. Buah apel
Kandungan air dalam buah apel mencapai 84 persen. Buah ini juga mengandung vitamin dan serat yang kita perlukan. Kelebihan lain dari buah ini adalah selalu tersedia di berbagai musim. Jadi cukup mudah untuk mendapatkan buah ini.

2. Mentimun
Selain bisa dipakai sebagai lalapan, mentimun juga terbukti dapat mencegah dehidrasi. Terdapat kandungan air dan elektrolit di dalam buah mentimun yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar selalu segar.

3. Air kelapa
Banyak yang menjual air kelapa segar. Air kelapa sangat baik utnuk menghidrasi tubuh dan meningkatkan energi. Air kelapa juga dianggap sebagai pilihan terbaik untuk mengatasi serangan panas.

4. Semangka
Semangka memang buah yang sangat segar. Buah semangka merupakan detoks alami yang bisa mengeluarkan toksin dalam tubuh akibat peningkatan suhu tubuh

5. Selada
Ternyata di dalam daun selada terdapat kandungan air sebanyak 94 persen dan kaya akan vitamin A. Jangan lewatkan daun selada ini jika ingin mendinginkan tubuh.

6. Lemon
Tak hanya menyegarkan, air lemon juga mengandung asam sitrit dan air yang bisa menghilangkan rasa haus dengan cepat.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.isigood.com

Komentar