Lakukan 5 Hal Berikut Agar Tidak Saling Curiga dengan Pasangan

Ilustrasi. (Dok:
Ilustrasi. (Dok:

TitikNOL - Membangun sebuah kepercayaan sebenarnya berasal dari hal-hal simpel yang sering kita sepelekan.

Padahal dengan kebiasaan tersebut kita dapat membangun kepercayaannya. Tapi semua kembali kepada diri kita masing-masing, seberapa besar keinginan kita untuk mempertahankan hubungan tersebut dan mempertahankan dia yang kita sayang.

Untuk menciptakan kepercayaan itu butuh waktu dan sebuah keberanian. Nah, coba lakukan hal-hal di bawah ini untuk membangun kepercayaan kalian satu sama lain.

1. Membicarakan hal yang kalian berdua tidak suka, kemudian mencari solusinya bersama

Membicarakan apa yang kita tidak suka, dan biarkan dia mengungkapkan apa yang dia tidak suka juga. Tujuannya adalah agar kita memiliki batas dalam bertindak, dengan mengerti batasnya kita akan memahami dia lebih baik.

Kita telah membuatnya merasa tenang dan percaya dengan keseharian kita kalau yang kita lakukan sehari-hari ini tidak melebihi batas yang tidak dia suka.

Terkadang kita juga menginginkan hal yang kurang dia suka, seperti pergi ke party teman hingga larut malam.

Solusinya adalah biarkan dia tau tempat dan dengan siapa kita ke sana, atau lebih baiknya lagi adalah biarkan dia menjagamu dengan ikut ke acara tersebut atau kalau tidak memungkinkan biarkan dia mengantar dan menjemput kita.

Jaga perilaku kita, jangan sampai ada hal tidak baik yang kita lakukan meskipun dia tidak melihat, tetapi bisa saja kan orang lain berbicara kebenaran kepadanya? So, jaga sikap dan jaga kepercayannya ya.

2. Memperkenalkannya pada orang-orang di sekitar kita

Dengan kita mengenalkannya kepada teman, sahabat, saudara, atau teman sekedar chat, atau yang lain, dan menjelaskan segala karakter dari orang-orang tersebut akan membuatnya merasa lebih berarti, karena kita telah memberinya keleluasaan mengenal dan berinteraksi dengan mereka.

Sikap ini akan menimbulkan rasa percayanya kepada kita dan dia akan merasa lebih tenang ketika kita berinterkasi dengan mereka.

Terbuka dengannya mengenai siapapun orang disekitar kita sekarang maupun di masa lalu akan memberikan dampak positif karena rasa curiga itu perlahan hilang, setiap pertanyaan yang ada pada dia terjawab satu persatu.

Terbuka dengan memberikan pengertian mengenai orang-orang di sekitar kita terlihat mudah tapi banyak dari kita yang lebih memilih menutupi hal itu atau bahkan menyepelakan keterbukaan tersebut.

3. Usahakan untuk selalu memberi tahu kegiatan kita

Berkabar bukanlah hal mudah, apalagi memberi tahunya mengenai apa yang akan kita lakukan maupun yang sudah kita lakukan.

Kebanyakan dari kita memilih untuk sekedar bertanya mengenai makan, dimana, sedang apa, dan hal-hal umum lainnya.

Sedangkan kesadaran kita untuk memberi tahunya apa yang akan kita lakukan, dengan minta izinnya diperbolehkan atau tidak, sering dianggap sepele dan males.

Padahal dari situ kita bisa tahu apa yang akan kita lakukan itu dia suka atau tidak, baik tidak, ada dampak buruknya tidak, atau setidaknya dia berkeinginan membantu kita walaupun hanya sekedar mengantar atau mejemput kita.

Dengan begitu kita menghargai dia, kalau sampai ada problem dia tidak akan marah, yang ada dia yang akan paling depan membantu kita.

Tidak ada salahnya kan kita memberi tahu dia, kita mau kemana, mau ngapain dan yang lainnya?

Nanti kalau dia memberi izin kan kita juga yang tenang, dan kalau ada apa-apa kan dia bisa dengan sigap membantu kita.

Dari serangkaian hal tersebut, akan tercipta rasa saling percaya dalam hubungan kalian.

4. Jujur dalam hal apapun

Usahakan setiap hal, apa yang kita bicarakan atau kita sampaikan kepadanya adalah kebenaran dan kejujuran dari kita.

Setiap masalah apapun sampaikan dengan dengan detail dan jujur. Suka atau tidak suka, bete atau menjadi marah, itu adalah resiko yang memang harus kita tanggung dari setiap kesalahan yang kita buat.

Tapi daripada berbohong dan menyembunyikan setiap permasalah, akan lebih baik kalau kita jujur walaupun akan terjadi amarah yang besar. Karena sebaik-baiknya hal dalam hubungan adalah sikap terbuka dan jujur.

Dari jujur, dia akan semakin percaya dengan setiap omongan dan sikap kita, lain halnya dengan berbohong atau menutupinya, yang terjadi adalah masalah tersebut semakin besar dan bisa saja mengarah pada berakhirnya hubungan kita.

5. Sesering mungkin membuat 'quality time' bersama pasangan

Pentingnya waktu bersama adalah karena banyaknya hal yang bisa kita bicarakan, membangun 'cemistry' antara kita, membicarakan hal-hal kedepannya untuk berdua, dan masih banyak hal lain.

Dengan seringnya kebersamaan berkomunikasi, melakukan hal romantis berdua, hubungan kita akan semakin kuat, bahkan rasa bosanpun tidak ada.

Efek lainnya juga adalah semakin besar kepercayaan dia akan komitmen yang sudah dibangun dari awal.

Dan yang terpenting, jangan terlalu gengsi untuk memulai semuanya, seperti mengajak berkomunikasi atau sekadar makan malam.

Kalau sama-sama gengsi tentu saja tidak akan ada perubahan dalam hubungan kalian. Semangat ya!











Berita ini telah tayang idntimes.com, dengan judul: Biar Gak Saling Curiga, Lakukan 5 Hal Ini dengan Pasanganmu

Komentar