Login di Google Chrome Akan Pakai Sidik Jari

Google Chrome. (Dok: Beritateknologi)
Google Chrome. (Dok: Beritateknologi)

TitikNOL - Google akan melakukan pembaruan pada peramban Chrome miliknya. Pembaruan ini akan membuat pengguna lebih mudah masuk ke berbagai layanan tanpa harus mengingat user name dan kata kunci.

Tapi cukup menggunakan data yang tersimpan di perangkat autentifikasi lain. Misal data biometrik seperti sidik jari atau pemindai wajah yang tersimpan di smartphone. Alternatif lain otentifikasi lewat kunci keamanan di USB khusus atau bluetooth.

"Kredensial pengguna dan data biometrik tidak pernah ditransfer dari perangkat pengguna dan tidak disimpan di server," jelas FIDO Alliance dan W3C seperti dikutip Fortune.

Meski demikian, masih belum jelas bagaimana penggunaan teknologi otentifikasi baru ini akan diterapkan oleh pengguna. Namun, Google menyebut Chrome 67 ini akan tersedia dalam beberapa minggu kedepan.

Standar keamanan baru ini disebut sebagai WebAuthn. Ini adalah standar keamanan baru yang dibuat oleh FIDO Alliance dan W3C.

Dengan adanya standar baru ini diharapkan pencurian password bisa dikurangi. Standar ini pertama kali digunakan oleh Mozilla Firefox.

Peramban dengan kemampuan pengenalan sidik jari ini akan meluncur di Chrome versi desktop untuk Windows, Mac, dan Linux.

Untuk meningkatkan keamanan, Chrome juga akan meningkatkan isolasi antar tab di perambannya. Sehingga, situs yang dibuka di satu tab lain tak bisa mengakses data yang dibuka di tab lain.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi serangan malware seperti pernah terjadi dengan Spectre, seperti ditulis ZDNet.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, dengan judul: Google Akan Pakai Sidik Jari untuk Login di Chrome

TAG google
Komentar