Makan Pepaya di Waktu Tak Tepat Bisa Berbahaya

Ilustrasi. (Dok: Merdeka)
Ilustrasi. (Dok: Merdeka)

TitikNOL - Pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Seperti diketahui, pepaya memiliki khasiat antibakteri dan antijamur. Jus daun pepaya juga digunakan untuk melawan demam berdarah dan meningkatkan jumlah trombosit.

Buah satu ini memang memiliki manfaat yang banyak, tetapi jika Anda mengonsumsinya di waktu yang tidak tepat justru dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Melansir Times of India pada Senin (10/8/2020), berikut efek samping dari pepaya jika Anda mengonsumsi pada saat yang tidak tepat.

Dapat menyebabkan cacat lahir

Daun pepaya memiliki komponen yang disebut papain, yang bisa menjadi racun bagi bayi Anda jika Anda sedang hamil. Bahkan dapat menyebabkan cacat lahir.

Tidak banyak yang diketahui tentang efek samping pepaya selama menyusui, oleh karena itu, sebaiknya hindari pepaya selama dan setelah kehamilan untuk beberapa waktu.

Reaksi alergi

Pepaya yang masih mentah dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi, untuk mengurangi risiko alergi, lebih baik konsumsi pepaya yang sudah masak dan layak untuk di konsumsi.

Menurunkan gula darah yang berbahaya

Jika Anda sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi, kemungkinan besar, mengonsumsi terlalu banyak pepaya dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah Anda yang bisa berbahaya.

Dapat memengaruhi kesuburan

Ekstrak biji pepaya dapat menurunkan kesuburan pada pria. Ini dapat menurunkan jumlah sperma dan mempengaruhi mobilitas sperma.

Dapat menyebabkan keracunan

Konsumsi pepaya yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Ini terjadi karena senyawa benzil isothiocyanate yang ada dalam pepaya.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: Awas! Makan Pepaya di Waktu Tak Tepat Bisa Bahaya

Komentar