Makanan Sehat untuk Jaga Tubuh Tetap Prima di Musim Hujan

Ilustrasi. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Musim hujan tidak hanya membuat suhu udara menjadi lebih dingin, tetapi juga dapat memengaruhi fungsi metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Bila sudah demikian, tubuh akan lebih mudah terserang virus penyakit seperti influenza. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi esensial saat musim hujan. Dilansir Okezone dari clevelandclinic.org, berikut 5 rekomendasinya, Rabu (8/1/2020).

Sayuran akar

Di kala musim hujan tiba, sangat disarankan untuk mengonsumi makanan yang kaya akan vitamin C, A, dan juga beta karoten. Pasalnya, nutrisi ini dipercaya ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, ada bebrapa jenis bahan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi tersebut. Salah satunya adalah sayuran akar seperti wortel, lobak, atau bit. Cara terbaik untuk mengolah bahan makanan ini adalah dengan cara memanggangnya untuk meningkatkan kandungan beta karoten.

Atau juga bisa dengan teknik perebusan agar menjaga kandungan vitamin C dan A yang dibutuhkan tubuh untuk tetap prima di musim hujan.

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya sekadar menu sarapan yang lezat dan praktis untuk diolah. Makanan ini juga menyediakan nutrisi yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Oatmeal diklaim mengandung zinc dan serat yang diklaim dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Sup

Sup adalah makanan yang tepat dan paling ideal untuk dinikmati di musim hujan. Makanan ini bisa dikreasikan menggunakan beragam bahan makanan seperti daging sapi, ayam, dan beragam sayuran.

Namun hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah pastikan olahan sup menggunakan kaldu yang tepat, dan dicampurkan beberapa jenis sayuran agar lebih sehat dan lezat. Selain ampuh menghangatkan tubuh, rasanya pun dijamin bikin lidah bergoyang!

Spicy tuna roll

Sushi juga bisa jadi hidangan alternatif yang bisa dikonsumsi di musim hujan. Salah satu resep resep sushi yang direkomendasikan adalah sajian spicy tuna atau salmon roll. Kedua ikan ini diklaim sebagai sumber vitamin D yang baik.

Selama musim hujan, Anda cenderung jarang terkena paparan sinar matahari. Makanan ini memberikan asupan vitamin dan nutrisi yang menyehatkan tulang. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Brokoli dan kembang kol

Kombinasi sayuran ini bisa jadi pertahanan utama Anda dalam melawan penyakit musim hujan seperti influenza. Brokoli dan kembang kol kaya vitamin C yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Jika Anda tidak dapat menemukan versi segarnya, brokoli dan kembang kol beku juga memiliki nutrisi yang sama.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: 5 Makanan Sehat untuk Jaga Tubuh Tetap Prima di Musim Hujan

Komentar