Manfaat Air Sadapan Lengkuas untuk Masalah Kesehatan

Ilustrasi. (Dok: Steller)Ilustrasi. (Dok: Steller)

TitikNOL - Tanaman lengkuas banyak dimanfaatkan sebagai bumbu tambahan untuk aneka olahan makanan agar terasa lebih sedap. Bagian tanaman lengkuas yang banyak digunakan adalah umbinya. Tanaman lengkuas dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Anda bahkan bisa menanamnya di pekarangan rumah menggunakan pot.

Selain sering digunakan sebagai bumbu untuk memasak, lengkuas nyatanya juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang mirip jahe ini juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai macam keluhan kesehatan. Berikut adalah manfaat air sadapan lengkuas untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh yang wajib anda ketahui.

1. Obat Batuk Alami

Manfaat pertama dari air sadapan lengkuas adalah sebagai obat untuk meredakan batuk. Lengkuas dipercaya memiliki khasiat yang efektif untuk membantu mengobati batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak. Anda bisa mengkonsumsi air sadapan lengkuas secara rutin agar batuk cepat reda dan hilang. Jika intensitas batuk anda cukup tinggi anda bisa mengkonsumsi air sadapan lengkuas dengan rutinitas yang lebih sering seperti sehari 3 sampai 4 kali. Air sadapan lengkuas yang bisa digunakan sebagai obat batuk, memberikan anda sebuah pilihan untuk menggunakan obat alami yang tak membawa dampak negatif untuk tubuh.

2. Mengatasi Masalah Asma

Lengkuas memiliki kandungan zat anti inflamasi dan efek antispasmodik, efek dari dua zat yang terkandung dalam lengkuas ini akan berguna untuk membantu melebarkan saluran bronkiolus. Bagi penderita asma hal ini tentunya sangat membantu, sebab mampu membantu mengatasi masalah asma. Jika masalah asma yang anda derita masih sering kambuh, anda bisa mencoba mengkonsumsi air sadapan lengkuas secara rutin. Mengkonsumsi air sadapan lengkuas secara rutin dipercaya dapat mengurangi intensitas asma yang masih sering kambuh.

3. Penyembuhan Diare

Tanaman lengkuas juga memiliki sifat anti mikroba, zat anti mikroba memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bila anda terkena gangguan pencernaan seperti diare, lengkuas dapat menjadi obat yang tepat digunakan. Air sadapan lengkuas mampu membantu proses penyembuhan diare. Kandungan zat anti mikroba yang ada pada air sadapan lengkuas akan melawan bakteri penyebab diare, sehingga penyakit diare dapat segera disembuhkan.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol

Berbagai penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan nutrisi pada lengkuas mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi tak ada salahnya mencoba mengkonsumsi air sadapan lengkuas ini. Selain dipercaya mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, tentu akan membuat tubuh juga semakin sehat, sebab mampu mencegah naiknya kembali kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Pereda Demam

Air sadapan lengkuas mampu meredakan demam tubuh. Gangguan demam dapat membuat badan terasa tak enak untuk di ajak melakukan aktivitas kerja, hal ini tentu sangat mengganggu. Salah satu cara alami yang patut anda coba adalah menggunakan air sadapan lengkuas untuk dikonsumsi sebagai obat pereda demam.

6. Pencegahan Tumor dan Kanker

Khasiat air sadapan lengkuas yang tak kalah hebatnya adalah mampu mencegah tumor dan kanker. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa lengkuas memiliki zat antioksidan yang memiliki sifat anti kanker dan memperbaiki sel tubuh akibat radikal bebas. Manfaat antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh agar tak mudah terserang penyakit berbahaya lainnya.

7. Mengatasi Ketombe Pada Kulit Kepala

Selain membantu mengatasi penyakit dalam, manfaat air sadapan lengkuas juga mampu mengobati gangguan penyakit luar, salah satunya mengatasi ketombe pada rambut. Anda bisa menggunakan air sadapan lengkuas sebagai sampo alami yang akan membantu menghilangkan ketombe pada rambut. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cuci rambut menggunakan air bersih, kemudian gunakan air sadapan lengkuas untuk mencuci rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas kembali menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin agar ketombe hilang sepenuhnya dari rambut.

8. Mengobati Luka Bakar

Air sadapan lengkuas mampu membantu mengobati luka bakar. Sifat anti bakteri yang dimiliki tanaman lengkuas, mampu mensterilkan luka bakar secara alami, hal ini akan menghindarkan luka bakar mengalami infeksi yang dapat berakibat lebih buruk. Anda dapat mengoleskan air sadapan lengkuas ke permukaan kulit yang mengalami luka bakar. Lakukan secara teratur hingga luka mengering dengan sendirinya.

Anda bisa mendapatkan air sadapan lengkuas dengan mudah, sebab tanaman ini juga mudah dijumpai. Sebelum menggunakan air sadapan lengkuas, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penggunaan dan konsumsi air sadapan lengkuas yang sesuai dengan takaran tubuh. Mengkonsumsi air sadapan lengkuas memberikan penanganan berbagai masalah kesehatan secara alami dan tak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

Berita ini telah tayang di manfaat.cpo.id, dengan judul: Inilah 8 Manfaat Air Sadapan Lengkuas Atasi Masalah Kesehatan

Komentar