Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadan Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Dok: tandapagar)Ilustrasi. (Dok: tandapagar)

TitikNOL - Berpuasa di bulan suci Ramadan selama satu bulan penuh, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selama satu bulan ini, berpuasa secara teratur dan mengonsumsi makanan seimbang diyakini bisa menurunkan berat badan hingga risiko terkena penyakit tidak menular.

Berikut manfaat berpuasa untuk kesehatan seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi makanan seimbang dan kaya akan serat akan membantu menurunkan berat badan. Bobot tubuh Anda pun akan turun sebanyak beberapa kilogram sebelum akhir bulan. Namun pastikan Anda menghindari makanan manis dan tinggi lemak selama berpuasa.

2. Mengurangi kolesterol
Selama puasa, pola makan berubah. Di mana Anda hanya makan dua kali yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Ini akan membantu mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol, terutama jika Anda menghindari makanan cepat saji.

3. Menghilangkan racun tubuh
Tak hanya menahan haus dan lapar, puasa juga menjadi cara terbaik untuk detoksifikasi tubuh. Pasalnya, tubuh mendapatkan istirahat dari asupan rutin makanan, khususnya makanan cepat saji sehingga tubuh tetap sehat.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa puasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya mendetoksifikasi tubuh dan sistem pencernaan menghasilkan cairan lebih sehat.

5. Menurunkan risiko hipertensi
Saat puasa, tingkat metabolisme akan mengurangi, begitu juga kadar lemak darah. Artinya, ini mampu menurunkan risiko hipertensi dan penyakit terkait lainnya.

Berita ini telah tayang di Sindonews.com, Sabtu 27 Mei 2017 dengan judul 5 Manfaat Berpuasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Komentar