Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Ilustrasi. (Dok: Manfaate)Ilustrasi. (Dok: Manfaate)

TitikNOL - Buah salak adalah salah satu buah eksotis yang tentu sudah akrab di tengah masyarakat Indonesia. Buah yang kulit luarnya memiliki sisik kecil dan tajam bagai sisik ular ini punya rasa asam manis dengan ukuran biji buah yang cukup besar di dalamnya. Kira-kira, apa saja gizi dan kandungan nutrisi buah salak? Dan adakah manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh?

Kandungan zat dan gizi di dalam buah salak

Terlepas dari rasa dan bentuknya yang unik, ternyata manfaat buah salak untuk kesehatan cukup banyak, lho. Mengonsumsi 100 gram buah salak, Anda bisa mendapatkan gizi sebanyak berikut ini :

3,9 mg zat besi
0,2 mg Vitamin B2
8,4 mg Vitamin C
12,1 g Karbohidrat
38 mg Kalsium
18 mg Fosfor
0,8 g Protein,
0,4 g Total lemak
Dan 0,3 mg total serat makanan

Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan pencernaan

1. Kandungan seratnya baik untuk pencernaan

Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Contohnya, kandungan tanin yang berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembelit.

2. Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Buah bersisik yang padat nutrisi ini mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Lalu, buah salak juga mengandung zat beta karotene. Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan bahkan kanker.

3. Bisa menjaga berat badan seimbang

Kandungan serat dan antioksidan pada buah salak ternyata juga baik untuk asupan diet. Ya. Kalau Anda bosan makan pisang atau alpukat untuk camilan diet, kenapa tidak mencoba ngemil salak? Serat pada asupan buah salak mampu membuat perut kenyang lebih lama. Terlebih lagi, salak juga kaya akan kandungan kalsium dan karbohidrat. Ini menjadikan salak sebagai camilan yang pas untuk mendukung kebutuhan energi tubuh saat diet.

4. Menjaga kesehatan jantung

Nah, yang manfaat buah salak yang terakhir ini baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Salak yang terdiri dari kandungan kalium, antioksidan dan mineral berfungsi untuk mengatur kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Salah satu fungsi kalium adalah untuk membantu mengirimkan impuls saraf yang memengaruhi detak jantung. Asupan kalium yang cukup sangat penting bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah pada detak jantung.

Berita ini telah tayang di hellosehat.com, dengan judul: 4 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Tak Pernah Anda Duga

Komentar