Manfaat Konsumsi Buah Pisang saat Masa Kehamilan

Ilustrasi. (Dok: Alodokter)
Ilustrasi. (Dok: Alodokter)

TitikNOL - Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat ada berbagai cara yang bisa bumil lakukan. Mulai dari rutin berolahraga, istirahat yang cukup, rutin mengontrol kehamilan ke dokter, hingga memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu dan janin.

Nah, menyoal makanan ini, ada beragam buah-buahan menyehatkan yang bisa ibu konsumsi, salah satunya pisang. Memangnya, apa saja manfaat pisang bagi ibu hamil?

1.Menjaga Keseimbangan Cairan

Mengapa ibu membutuhkan potasium selama kehamilan? Mineral yang penting ini berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel tubuh. Ketika tengah mengandung, volume dari bumil akan meningkat hingga 50 persen. Nah, di kondisi ini bumil membutuhkan lebih banyak elektrolit untuk menjaga cairan ekstra dalam keseimbangan kimia tubuh yang tepat.

Potasium juga berperan dalam mengirimkan impuls saraf dan membantu otot berkontraksi. Di samping itu, manfaat pisang bagi ibu hamil juga dapat membantu meredakan kram kaki selama kehamilan. Hati-hati, kram kaki pada ibu hamil acap kali disebabkan akibat kurangnya kadar potasium dalam tubuh.

Satu buah pisang setidaknya dapat membantu memenuhi asupan potasium per hari bumi. Satu pisang ukuran sedang kira-kira mengandung 422 mg potasium. Sementara itu wanita hamil setidaknya membutuhkan asupan potasium sebanyak 4.700 mg per hari.

2.Melawan Infeksi dan Radikal Bebas

Seperti buah-buahan lainnya, pisang juga mengandung vitamin C yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ingat, bumil dan bayi di dalam kandungan membutuhkan asupan vitamin C setiap tiap harinya.

Vitamin C ini diperlukan tubuh untuk membuat kolagen, protein struktural yang merupakan komponen tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit. Di samping itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan infeksi dan menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi ibu dan janin.

3.Membantu Mengatasi Mual di awal Kehamilan

Selain dua hal di atas, manfaat pisang bagi ibu hamil juga dapat membantu mengatasi mual di awal-awal kehamilan. Kok bisa? Keistimewaan yang satu ini terletak pada kandungan vitamin B-6 di dalam pisang. Enggak percaya?

Faktanya dapat kita simak dalam studi di US National Library of Medicine National Institutes of Health, berjudul “A randomized comparison of vitamin B6 and dimenhydrinate in the treatment of nausea and vomiting in early pregnancy. Menurut studi tersebut, asupan dimenhydrinate dan vitamin B6 secara signifikan mampu mengurangi rasa mual dan muntah pada bumil.

Hati-hati, meski kelihatannya sepele tapi muntah bisa mempersulit kehamilan, lho. Menurut studi di atas, muntah yang terjadi terus-menerus bisa menimbulkan komplikasi seperti dehidrasi, aspirasi paru, robekan mukosa gastroesofageal, malnutrisi, dan pecahnya kerongkongan.

Nah, bagi bumil yang mengonsumsi pisang selama kehamilan, tak ada salahnya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, mungkin saja ada beberapa kondisi medis yang membuat pisang harus dihindari selama kehamilan.

Berita ini telah tayang di halodoc.com, dengan judul: 3 Manfaat Konsumsi Pisang saat Masa Kehamilan

Komentar