Manfaat Rujak untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Ilustrasi. (Dok: Merdeka)
Ilustrasi. (Dok: Merdeka)

TitikNOL - Makanan yang sering menjadi idaman para ibu hamil adalah rujak. Rasanya yang manis, asam, asin, dan pedas dapat membuat ibu hamil merasa segar. Bahkan, tak sedikit pula ibu hamil yang merasa keluhan mualnya berkurang dengan mengonsumsi rujak.

Tidak perlu khawatir mengonsumsi rujak saat hamil. Pasalnya, menurut dr. Dyah Novita Anggraini, rujak untuk ibu hamil tergolong sebagai makanan yang aman dikonsumsi, asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan.

“Nanas, yang biasanya ada dalam rujak, juga tidak apa-apa untuk dikonsumsi asalkan dalam jumlah sewajarnya,” jelas dr. Dyah Novita.

Khasiat Rujak untuk Ibu Hamil

Rujak biasanya terdiri dari buah-buahan, seperti nanas, jambu, mangga, dan bengkuang, yang dilengkapi dengan saus kacang maupun sedikit garam.

Banyaknya buah yang terdapat dalam rujak membuat jenis makanan ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat rujak untuk ibu hamil berdasarkan buah yang menjadi bahan pokoknya:

Mangga

Mangga merupakan buah yang paling sering ada di dalam rujak. Rasa asam dan manisnya membuat buah ini paling sering dicari untuk dijadikan sebagai rujak.

Di dalam satu buah mangga, terdapat 100 kalori dengan kandungan vitamin A, B, C, K, folat, serta kalium. Dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat, kebutuhan gizi harian ibu hamil bisa turut terpenuhi.

Nanas

Rujak terasa kurang lengkap tanpa hadirnya buah nanas. Selain segar, buah yang satu ini juga mengandung 82 kalori, vitamin A dan C, kalsium, serta zat besi.

Tidak hanya itu, di dalam nanas pun terdapat enzim bromelain yang berfungsi untuk mempersingkat pemecahan makanan di dalam tubuh. Enzim tersebut juga disinyalir dapat membantu mengurangi sensasi mual, yang biasanya dirasakan pada kehamilan trimester pertama.

Bengkuang

Bengkuang merupakan buah yang memiliki kalori rendah. Kandungan vitamin C dalam bengkuang membuatnya memiliki efek antioksidan, yang sangat baik untuk menangkal dampak buruk radikal bebas.

Selain itu, bengkuang juga mengandung serat, kalium, kalsium, serta protein, yang kesemuanya baik untuk kesehatan ibu hamil.

Jambu Air

Di dalam satu buah jambu air terdapat 46 kalori. Buah ini juga memiliki kandungan protein, lemak, fosfor, zat besi, dan vitamin C.

Banyaknya kandungan nutrisi di dalam jambu air membuatnya menjadi buah yang dapat menjaga kestabilan gula darah. Bahkan, buah ini pun disinyalir mampu meredakan diare.

Perhatikan Ini Sebelum Makan Rujak saat Hamil

Makan rujak saat hamil memang diperbolehkan dan tergolong aman. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil sebelum mengonsumsi sajian yang satu ini, yaitu:

Pastikan Buah untuk Rujak Sudah Dicuci dengan Bersih
Ibu hamil termasuk golongan orang yang rentan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam mulutnya.

Saat hendak mengonsumsi rujak, pastikan buah-buah yang dipilih sudah dicuci hingga bersih menggunakan air mengalir. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi kuman dalam makanan.

Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Cabai

Pastikan bumbu rujak yang Anda olah tidak menggunakan cabai terlalu banyak. Makanan pedas dapat menyebabkan asam lambung meningkat, juga berpotensi mencetuskan diare.

Tertarik untuk makan rujak saat hamil? Perhatikan hal-hal yang telah disampaikan tadi, agar manfaat rujak untuk ibu hamil dapat dirasakan dengan optimal.

Berita ini telah tayan di klikdokter.com, dengan judul: Khasiat Rujak untuk Ibu Hamil yang Sayang Jika Dilewatkan

Komentar