Membuat Rencana Berkemah di Akhir Tahun

Ilustrasi berkemah. (Dok: millstreet2014)
Ilustrasi berkemah. (Dok: millstreet2014)

TitikNOL - Sudah punya rencana untuk liburan akhir tahun? Jika belum, berkemah bisa jadi pilihan. Selain menyenangkan, berkemah terbukti bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Di antaranya memperbaiki pola tidur, meningkatkan kebahagiaan, juga meredakan stres.

Berlibur di Bandung misalnya, ada alternatif wisata singkat akhir pekan. Beberapa penginapan yang bertema alam, menyediakan tenda, hotel, dan pondok wisata alam. Di sana, Anda juga bisa berkemah.

Kawasan Kintamani, khususnya daerah Danau dan Gunung Batur, Bali, juga bisa jadi pilihan untuk camping. Di sana ada tempat yang menawarkan fasilitas berendam air panas, sekaligus kawasan untuk berkemah.

Berikut persiapan yang Anda butuhkan agar berkemah tambah seru.

Peralatan berkemah yang tepat

Peralatan berkemah yang Anda perlukan tergantung pada musim dan lokasi yang dituju. Sebagai dasar, berikut peralatan berkemah yang tidak boleh terlewat:

- Tenda. Pilih tenda berkualitas tinggi dengan bahan tahan lama, sesuaikan ukuran berdasar kapasitas orang yang akan tidur di dalamnya. Pastikan barang-barang juga bisa masuk dalam tenda.

- Kantong tidur dan alas tidur. Tebal atau tidak, pilih kantong tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kenyamanan, tambahkan alas tidur (sleeping pad). Juga pilihan lainnya seperti bantal dan selimut tambahan, atau kasur udara.

- Ransel dan sepatu boot. Ini hanya diperlukan jika Anda berencana mendaki.

- Penerangan. Senter--pilihan LED yang terbaik, lampu kepala, atau lentera untuk mendirikan tenda saat gelap atau melihat di malam hari.

- Peta dan kompas. Selain lebih alami, gunakan keduanya untuk mengantisipasi sinyal GPS lemah.

- Obat-obatan. Bawa juga perban, gunting, pereda gigitan nyamuk (kandungan yang efektif seperti citronella, geranium, dan lavender), semprotan serangga, dan obat luka bakar. Rekomendasi dari Washington Trails Association dan Gizmodo juga membantu.

Makanan dan minuman

Meskipun Anda berencana berburu atau memancing, sebaiknya bawa perbekalan yang banyak daripada terlalu sedikit. Eat Right merekomendasikan beberapa hal:

- Buat perencanaan seperti, berkemah berapa lama? Jauh atau tidak? Apa makanan dan minuman yang akan dibawa? Bagaimana Anda akan makan dan minum? Alat apa yang dibutuhkan? Memungkinkan atau tidak membawa pendingin?

- Bawa lebih banyak persediaan air jika cuaca panas

- Utamakan makanan tahan lama yang relatif ringan dan padat gizi seperti buah dan sayur kering, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan siap pakai, roti gandum, dendeng daging

- Jangan lupa kantong sampah. Ingat, menjaga kebersihan sekitar juga penting

Untuk peralatan makan dan memasak, The Kitchn menyarankan bawa secukupnya dan sederhana saja, yang kami sarikan sebagai berikut:

- Peralatan makan: piring-gelas-sendok-garpu plastik, pisau, talenan, aluminium foil sebanyaknya (untuk memasak). Masukkan semua dalam wadah plastik besar (agar lebih rapi) yang natinya berfungsi ganda untuk mencuci piring.

- Peralatan masak: sendok kayu atau spatula tahan panas, wajan serbaguna, panci tutup kecil, pemantik, kompor kemah dan bahan bakar ekstra--jaga-jaga jika terlalu basah untuk membuat api unggun.

Rencanakan kegiatan

Berkemah tidak akan terasa membosankan dengan merencanakan beberapa kegiatan. Terutama jika Anda membawa anak-anak yang aktif. Misalnya kegiatan sederhana seperti mendaki atau berenang, juga mengadakan permainan di alam (bola tangkap, puzzle), bermain gitar sambil menyanyi atau memasak bersama.

Pastikan bisa membuat api unggun

Berkemah terasa tidak lengkap tanpa mengadakan api unggun. Penting diingat, tinjau lebih dulu apa lokasi berkemah memperbolehkan membakar api unggun. Jika tidak, sebaiknya pilih tempat lain.

Untuk persiapan, sebisa mungkin bawa kayu bakar dari rumah, atau membelinya di jalan. Ini sekadar jaga-jaga jika kesulitan mencari di lokasi. Jangan lupa juga membawa pemantik, atau alternatif lainnya, Anda bisa mencoba membuat api sendiri.

Sumber: www.beritagar.id

Komentar