Menarik Racun dari Dalam Tubuh Menggunakan Arang Aktif

Ilustrasi arang aktif. (Dok: pinkkorset)
Ilustrasi arang aktif. (Dok: pinkkorset)

TitikNOL - Arang aktif ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Di antaranya dapat menarik racun keluar dari tubuh (tidak termasuk keracunan sianida, lithium, dan alkohol).

Arang aktif dibuat secara kimia dengan memanaskan arang yang terbuat dari kayu, batu bara, kelapa atau gambut hingga berkembang seperti pori-pori pada spons. Arang aktif berbeda dengan jenis arang yang biasa digunakan untuk membakar makanan.

Menurut Dr Josh Axe, dokter ahli pengobatan alami dan dokter ahli gizi chiropractic dan klinis, arang aktif merupakan perawatan alami dan manjur untuk menjebak racun di tubuh lalu melepaskannya hingga tubuh tidak menyerapnya kembali.

Dr Josh menyatakan bahwa ada beberapa manfaat arang aktif untuk kesehatan, seperti dapat memutihkan gigi. Arang aktif membantu memutihkan gigi dan dapat mengubah keseimbangan pH di mulut, membantu mencegah gigi berlubang, bau mulut dan penyakit gusi. Caranya adalah dengan menyikat gigi dengan arang aktif dua atau tiga kali seminggu.

Arang ini juga dapat membantu kobran sengatan lebah. Anda dapat mencampurkan satu kapsul arang aktif dengan setengah sendok minyak kelapa dan oleskan pada bagian yang membutuhkan. Diamkan sekitar 30 menit.

Untuk menghilangkan jerawat, campur arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya. Oles ke bagian yang berjerawat dan tunggu hingga kering dan bilas.

Selain itu, si hitam ini juga dapat memperlancar pencernaan, mencegah kerusakan sel pada ginjal dan hati, serta mendukung kelenjar adrenal yang sehat.

Salah satu cara yang mengetren untuk mengonsumsi arang aktif adalah dengan mencampurkannya dengan air lemon atau yang dikenal dengan istilah black lemonade.

Dilansir Livestrong, rasa minuman tersebut tidak jauh berbeda dari minuman lemon biasanya. Namun, ada juga beberapa orang mengatakan bahwa rasanya mengingatkan mereka pada semen dengan tekstur agak mirip kapur.

Selain black lemonade, juga ada charcoal latte yang terbuat dari susu almon, arang aktif, dan agave nectar. Minuman ini dipercaya memiliki manfaat besar dalam rutinitas kecantikan, detoksifikasi, memperlancar pencernaan, serta meningkatkan energi.

Penting untuk tahu waktu tepat untuk mengonsumsi arang aktif, seperti jangan mengonsumsinya saat sedang minum obat-obatan dan setelah makan. Waktu terbaik untuk minum arang adalah saat pagi hari atau sebelum tidur.

Kapanpun Anda mengambil arang aktif, sangat penting untuk minum 12-16 gelas air putih per hari. Arang aktif dapat menyebabkan dehidrasi jika jumlah air yang cukup tidak dikonsumsi bersamaan. Selain itu, ini membantu menghaluskan racun dengan cepat dan mencegah sembelit yang dialami beberapa individu.

Berita ini telah tayang di Beritagar.id, Minggu 28 Mei 2017 dengan judul Arang aktif, si hitam penunjang kesehatan

Komentar