Mengenal Kerusakan Busi dari Warnanya

Ilustrasi. (Dok: Jba)
Ilustrasi. (Dok: Jba)

TitikNOL - Busi mempengaruhi performa mesin sepeda motor. Jika bagian ini bermasalah, biasanya motor bakal sulit dinyalakan atau malah mogok di jalan.
Masalah pada busi bisa bermacam-macam, tergantung kondisinya. Namun kita dapat menganalisa kerusakan dengan cara berikut.

Busi warna abu-abu atau merah bata

Menganalisa kerusakan bisa dengan mencopot busi dari bagian mesin dan mengamatinya. Tanda kerusakan bisa terlihat melalui warna pada ujung busi. Misalnya warna abu-abu atau merah bata pada ujung besi insulator area grand electrode yang bentuknya seperti pengait.

Warna tersebut mengindikasikan kondisi busi dalam keadaan normal. Pada kondisi ini proses pembakaran di ruang mesin optimal dan efisien.

Busi hitam dan kotor

Jika elektroda busi atau bagian berpengait yang biasa dimasukkan ke ruang bakar berwarna hitam itu mengindikasikan ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin sulit hidup, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Jika busi dalam kondisi kotor, maka harus segera dilakukan pembersihan busi dan pengecekan kondisi mesin.

Busi putih pucat

Kondisi ini menunjukkan bahwa busi dalam keadaan terlalu panas. Jika tidak segera ditangani, maka komponen mesin akan lebih cepat rusak, bahan bakar menjadi lebih boros, dan akselerasi motor menurun.

Untuk menghindari kondisi ini, pastikan spesifikasi busi sesuai rekomendasi pabrikan.

Busi aus

Jika pengapian terlalu cepat dan kurangnya waktu pendinginan, busi akan tampak aus. Ini akan berdampak pada penurunan akselerasi dan power sepeda motor. Pastikan jenis bahan bakar yang digunakan sesuai dengan buku pedoman agar busi terhindar dari kondisi aus. Sementara lakukan penggantian busi baru jika diperlukan.

Busi hitam berlumur oli

Jika ujung busi berwarna hitam dan berlumur oli, indikasi ada kebocoran ring piston sehingga pelumas mesin masuk ke ruang bakar. Kondisi ini dapat membuat pembakaran tidak sempurna sehingga asap knalpot lebih tebal. Jika kondisi ini terjadi, segera periksa tekanan kompresi dan kondisi busi.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, dengan judul: Kenali Kerusakan Busi Motor dari Warnanya

Komentar