Mimpi Bisa Pengaruhi Kulitas Tidur

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Terlepas Anda mengingatnya atau tidak, mimpi merupakan hal normal yang terjadi saat tidur. Ternyata, hal tersebut juga dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, lo. Pada dasarnya, semua orang dalam hidupnya akan bermimpi selama 2 jam per malam, dimana mimpi tersebut paling jelas terasa pada fase REM (rapid eye movement).

Fase REM memiliki ciri dimana mata yang tertutup terlihat bergerak cepat, dan aktivitas saraf pada otak mirip dengan ketika sedang terjaga. Pada individu yang terbangun di fase REM, biasanya merasa waspada dan segar.

Orang yang terbangun dari mimpi yang menyenangkan biasanya akan merasa lebih relaks. Namun, bila mimpi yang hadir cukup menyeramkan, biasanya seseorang akan terbangun tiba-tiba dan napasnya pun menjadi terengah-engah seperti sehabis berlari jarak jauh.

Hal ini menunjukkan bahwa mimpi memang memberikan pengaruh tersendiri bagi kualitas tidur Anda.

Pengaruh mimpi terhadap kualitas tidur

Selain dampak di atas, mimpi juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Berikut ini merupakan beberapa fakta yang perlu Anda ketahui.

1. Menyebabkan gangguan kecemasan dan insomnia

Mimpi dapat bersifat positif maupun negatif, dan tentu mimpi buruk akan memberikan konsekuensi jangka panjang, bahkan setelah Anda bangun tidur. Tidur kembali setelah mengalami mimpi buruk adalah hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang.

Sebab, mimpi buruk dapat berdampak pada suasana hati serta perilaku Anda di hari berikutnya. Dengan demikian, Anda pun akan terus memikirkan mimpi buruk, hingga rentan mengalami gangguan kecemasan. Jika sudah demikian, pada hari berikutnya Anda bisa kesulitan untuk tidur atau insomnia.

2. Tubuh menjadi terasa lelah

Biasanya setelah bermimpi buruk, orang akan terbangun dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali tidur. Selain itu, perasaan gelisah yang muncul akibat mimpi buruk tersebut juga kerap membuat orang terbangun dalam kondisi jantung berdebar-debar.

Oleh sebab itulah mimpi yang buruk pada akhirnya dapat membuat Anda merasa kelelahan saat terbangun esok harinya. Sehingga, Anda pun merasa seperti tidak cukup beristirahat. Padahal, durasi tidur Anda mungkin sudah mencukupi standar waktu tidur yang disarankan.

3. Siklus tidur terpenuhi

Pengaruh mimpi tak selalu buruk. Nyatanya, mimpi menyempurnakan siklus tidur. Menurut para ahli, tidur yang berkualitas mencapai 5 siklus tidur.

Pada tahapan ketiga dan keempat, biasanya orang akan mulai bermimpi. Namun, bila orang tidak bermimpi dan terbangun di fase tersebut, maka tubuhnya akan lesu dan tentunya merasa masih mengantuk. Oleh sebab itu, mimpi juga dapat membuat Anda terbangun dalam kondisi segar.

Kunci agar tidur lebih nyenyak

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang tidur dengan cukup sering mendeskripsikan mimpi mereka lebih menyenangkan dan nyaman, sedangkan orang yang mengalami insomnia merasa mimpinya tidak menyenangkan.

Namun, penelitian ini juga masih perlu didukung oleh penelitian yang lebih detail mengenai hubungan di antara mimpi dan kualitas tidur.

Yang jelas, bila ingin tidur nyenyak dan terhindar dari mimpi yang tidak menyenangkan, sebisa mungkin kosongkan pikiran Anda sebelum tidur.

Sebaiknya menjelang waktu tidur Anda tidak memikirkan atau membicarakan hal-hal yang serius atau membuat suasana hati memburuk. Agar lebih tenang saat tidur, Anda juga dapat melakukan meditasi sebelumnya atau berbaring sambil mendengarkan musik relaksasi yang dapat melemaskan otot-otot tubuh.

Beberapa kiat untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik adalah menghindari menggunakan fitur snooze pada alarm agar fase tidur tidak terganggu. Karena terbangun akibat alarm tersebut akan mengganggu siklus tidur yang belum selesai. Sehingga, kualitas tidur pun akan menurun.

Faktanya, baik mimpi baik maupun buruk sama-sama dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Karena ternyata mimpi merupakan bagian dari siklus tidur manusia. Jika ingin bermimpi indah, isi hari-hari Anda dengan kegiatan positif. Sehingga, Anda tak akan terbangun di tengah malam, dan kualitas tidur pun meningkat.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: Pengaruh Mimpi Terhadap Kualitas Tidur

Komentar