Mobile Legends Sebagai Salah Satu Cabang Olahraga di Piala Presiden

Ilustrasi. (Dok: Gcube)Ilustrasi. (Dok: Gcube)

TitikNOL - Pemerintah menggelar kompetisi eSports nasional pertama di Indonesia berjudul Piala Presiden. Kompetisi ini memilih Mobile Legends sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Giring Ganesha, eks vokalis band Nidji yang menjadi ketua panitia kejuaraan, menyebut acara ini sebagai ajang pertama di Indonesia yang disokong oleh pemerintah.

"Ini Piala e-sport pertama yang didukung penuh pemerintah," kata Giring dalam jumpa pers di Sekretariat Kabinet, Jakarta, Senin (28/1).

Rencananya babak kualifikasi turnamen ini akan digelar delapan kota mulai dari Bekasi, Solo, Pontianak, Denpasar, Makassar, Palembang, Manado, dan Surabaya. Mereka yang lolos dari kualifikasi berhak maju ke putaran final di Istora Senayan, Jakarta, pada 30-31 Maret 2019.

Sejumlah institusi terlibat dalam penyelenggaraan kompetisi ini seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan pemerintah mendukung penuh kompetisi semacam ini. Ia berpendapat e-sport dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi negara.

"Presiden Jokowi juga ingin eSport di Indonesia semakin berkembang dan semakin baik untuk perekonomian nasional, dan mewujudkan ekonomi digital Indonesia pada 2020 nanti," ujar Moeldoko.

Indonesia Esports Premier League (IESPL) mencatat jumlah gamer di Indonesia pada 2019 mencapai 50 juta orang dan 60 persen di antaranya pemain esport serta gemar menikmati konten video mengenai gim.

Moeldoko mengatakan kompetisi ini digelar dengan tujuan memelihara potensi gamer di Indonesia menuju arena lebih besar di internasional.

"Setelah gelaran Asian Games tahun lalu, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada e-sports dan melihat akan adanya potensi besar dari ini industri ini demi kemajuan Indonesia," pungkasnya.

Berita ini telah tayang di cnnindonesia.com, dengan judul: Mobile Legends Jadi Cabor di Piala Presiden

Komentar