Nikmati Menu Berbahan Dasar Gula Aren Cigemblong, Yuk Mampir ke Kafe “Saung Ubar Kabingung"

Suasana kafe Saung Ubar Kabingung. (Foto: TitikNOL)
Suasana kafe Saung Ubar Kabingung. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL – Kecamatan Cijaku dan Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak, terkenal dengan sentra gula aren. Di dua wilayah ini, Gula Aren yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang wilayah lainnya di Kabupaten Lebak.

Hal itulah yang menginsipirasi seorang pemuda bernama Arifin, asal Kampung Sukamaju, Desa Cijaku, Kabupaten Lebak, membuat kafe yang semua jenis manakan dan minuman yang ditawarkan berbahan dasar Gula Aren.

Kafe ini bernama “Saung Ubar Kabingung” yang berlokasi di Kampung Sukamaju, Desa Cijaku. Lokasi kafe yang strategis yang persis di pinggir jalan utama di kecamatan tersebut, membuat wisatawan yang penasaran ingin merasakan panganan khas berbahan dasar Gula Aren, sepertinya wajib wajib mengunjunginya.

Tidak hanya wisatawan, kalangan muda-mudi pun dijamin akan betah saat nongkrong di kafe ini. Karena selain memiliki tempat yang representatif, di kafe ini juga disediakan fasilitas seperti free WiFi dan karaoke gratis. Pengunjung bisa sepuasnya bernyanyi dan berinternet gratis, tapi tentunya harus jajan ya hehehe...
Pemilik kafe, Arifin atau akrab disapa Ipink, mengaku terinspirasi Gula Aren khas Cigemblong saat mendirikan kafe itu. Makanya, hampir semua makanan yang disajikannya berbahan dasar Gula Aren.

Ipink menyebut, untuk menu yang disajikan di kafenya yakni berbagai makanan tradisional berbahan dasar Gula Aren seperti Klepon, Apem Aren, Surabi tabur Madu Aren. Tidak hanya makanan ringan, di kafe ini juga disajikan makanan berat seperti ikan bakar, pepes ikan, goreng ikan, sop, sate ayam dan sate kambing serta jenis lainnya.

Sementara minuman unggulan yang ditawarkan di kafe ini yakni Lahang Aren, yang disajikan dengan cara panas dan dingin. Lahang Aren adalah bahan dasar untuk pembuatan Gula Aren berbentuk cair. Lahang Arean kaya akan khasiat seperti melancarkan pencernaan, melancarkan ASI, menurunkan demam dan sebagainya. Kandungannya pun kaya manfaat, mulai dari vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, hingga asam amino alam.

“Intinya, menu yang kita tawarkan di sini dijamin akan memiliki rasa yang beda dengan menu makanan di tempat lain. Meski jenis makanannya sama, tapi kita ada racikan bumbu rahasia yang dijamin bisa menjadi pembeda rasa dengan makanan lainnya,” ujar Ipink ditemui di kafenya, Kamis (23/7/2020).

“Di kafe kami juga memiliki fasilitas untuk kawula muda yang ingin nongkrong sambil internetan dan nyanyi gratis. Bahkan, kalau ada yang mau merayakan ulang tahun bisa kok atau mau rapat dengan kolega bisa juga. Tempat kami luas,” ujar Ipink meyakinkan.

Ipink mengaku akan terus berinovasi dalam menyajikan menu yang semakin bervariatif dan kompetitif. Dia pun berharap, kafe yang dibangunnya akan memberikan warna positif terhadap kemajuan dunia usaha di wilayah Lebak Selatan.

“Saya berharap, apa yang saya lakukan saat ini bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha muda lainnya di wilayah Lebak selatan untuk terus berkarya, berkreasi dan terus berinovasi,” tutupnya.

Yupz, kawula muda atau siapapun anda, jika penasaran ingin mencicipi nikmatnya aneka panganan yang berbahan dasar Gula Aren dan panganan lainnya, yuk datang ke Kafe “Saung Ubar Kabingung”. Jika anda arah dari Gunung Kencana, saat melintas di simpangan antara Malingping dan Cijaku, anda belok kiri dari arah Cijaku. Dari situ, sekitar dua kilometer, kafe itu berada di sebelah kanan anda. Namun jika anda arah dari Malingping, saat disimpangan antara Cijaku dan Gunung Kencana – Rangkasbitung, anda tetap lurus menuju arah Cijaku.

Atau jika anda ingin merayakan Ulang tahun bersama teman dan keluarga bahkan ingin kumpul dengan kolega sambil menggelar rapat, bisa menghubungi nomor 0877-7200-0064. Kafe sendiri mulai buka pada Pukul 09.00 – 00.00 WIB. (TN1)

Komentar