Pasar Internasional Semakin Meminati Kopi Indonesia

Ilustrasi kopi Indonesia. (Dok: thetanjungpuratimes)Ilustrasi kopi Indonesia. (Dok: thetanjungpuratimes)

TitikNOL - Kopi Indonesia semakin diminati pasar asing. Hal itu terbukti dari data Kementerian Perdagangan RI yang mencatat realisasi ekspor produk kopi hingga September 2016 mencapai US$650,2 juta atau Rp8,7 triliun.

Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-empat dunia.

"Indonesia mempunyai banyak variasi kopi dari Sabang hingga Merauke, sehingga kita perlu terus mengenalkan kopi Indonesia ini keluar agar ekspor kopi Indonesia juga terus mengalami peningkatan," kata Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), A Syafrudin, di acara SCAI Expo 2016.

Menurut Syafrudin, acara pameran internasional seperti SCAI Expo bisa membuat kopi Indonesia semakin dikenal di pasar dunia.

Terlebih, saat ini di Indonesia, kopi bukan sekedar minuman, melainkan sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat.

"Gaya hidup ini sudah merata dan menjadikan kami mengemban tugas untuk terus mengawal keberadaan pasar dan kualitas kopi mulai dari lokal, nasional, hingga internasional,” terang Syafrudin.

Beberapa cara yang dilakukan SCAI adalah dengan menggelar berbagai acara edukasi kopi, seperti Indonesia Coffee Events (ICE) 2017 Eastern Regional Championship, Lelang Kopi Spesial Indonesia, serta Coffee Origin Trip ke kebun kopi di Bali.

Pemerintah juga mendukung penuh perkembangan ekspor kopi Indonesia. Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan, Merry Mariyati mengatakan, meningkatnya minat pasar internasional terhadap kopi Indonesia disebabkan industri perkopian yang berkelanjutan.

“Kepemilikan sertifikasi petani kopi, inovasi dalam proses penghasilan kopi dan banyaknya dukungan koperasi yang membina petani kopi Indonesia turut mendongkrak produktivitas produk kopi,” kata Merry.

Indonesia, lanjut dia, memiliki 16 indikasi geografis dari ujung barat hingga timur, dengan masing-masing daerah memiliki ciri khas kopi tersendiri. "Itu membuat kopi Indonesia menjadi unik," tambah dia.

Merry memaparkan bahwa ekspor produk kopi Indonesia selama tahun 2015, kata dia, mencapai US$1,19 miliar, atau naik US$158 juta dibandingkan tahun 2014.

Selama kurun waktu tahun 2011-2015 ekspor kopi tumbuh positif yang mencapai 1,05 persen per tahun, dengan negara tujuan ekspor yakni Amerika Serikat, Jepang, Italia, Malaysia dan Jerman.

Sumber: www.cnnindonesia.com

TAG kopi
Komentar