Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur Anak saat Mudik

Ilustrasi. (Dok: Thesafetyeducator)
Ilustrasi. (Dok: Thesafetyeducator)

TitikNOL - Bagi anak, terutama anak yang berusia balita, tidur menjadi aktivitas yang paling penting untuk pertumbuhannya. Tidur yang berkualitas sangat baik untuk tumbuh kembang otak buah hati kita.

Namun, ketika anak dibawa mudik, kualitas tidur anak pun akan berkurang. Sebab, suasana dan lingkungan baru yang dirasakan si anak tentunya akan mengganggu jadwal tidurnya. Apalagi, mudik akan menjadi perjalanan yang panjang bagi si kecil.

Karena itu, orangtua harus tetap bisa menjaga kualitas tidur si anak. Anda bisa melakukan beberapa tips berikut agar si kecil tidak rewel selama di perjalanan.

Berlatih menidurkan si kecil
Bagi Anda, para orangtua yang masih beradaptasi dengan si buah hati yang suka terganggu rutinitasnya, Anda bisa berlatih menidurkan anak sebelum berangkat mudik. Bisa dimulai beberapa hari atau dua minggu sebelumnya untuk menidurkan anak dalam perjalanan.

Tetap ikuti jadwal tidur
Usahakan jadwal tidur si kecil yang biasa tetap diterapkan selama perjalanan mudik. Contohnya, apabila si kecil terbiasa tidur saat pagi menjelang siang dan siang menjelang sore, usahakan tidurkan anak pada waktu tersebut selama di perjalanan. Jangan biarkan anak bermain atau Anda sendiri mengadakan aktivitas pada jam-jam tersebut.

Area tidur yang nyaman
Ciptakan area tidur senyaman mungkin apabila Anda dan si kecil mudik bersama, baik dengan transportasi darat, udara, maupun air. Apabila Anda menempuh perjalanan dengan transportasi darat, seperti kendaraan pribadi beroda empat, sisakan ruang khusus di belakang mobil untuk tidur si kecil. Anda bisa menggunakan kasur khusus atau car seat yang nyaman agar anak merasa seperti di rumah.

Bawa barang kesukaan si kecil
Anda bisa membawakan boneka, bantal, atau selimut kesayangan si kecil untuk menemaninya tidur. Bisa juga memutar lagu yang biasa Anda putar saat si kecil akan tidur. Barang kesayangan ini akan membuatnya terasa familiar dan nyaman sehingga bisa membantu si kecil tertidur.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.tabloidku.id

TAG mudik
Komentar