Pertama di Dunia, Dubai Punya Robocop untuk Berpatroli

Peresmian robot polisi yang bekerja untuk kepolisian Uni Emirat Arab (UEA) di Dubai. (Dok: khaleejtimes)Peresmian robot polisi yang bekerja untuk kepolisian Uni Emirat Arab (UEA) di Dubai. (Dok: khaleejtimes)

TitikNOL - Jika Robocop sebelumnya diketahui hanya ada di film, maka saat ini telah ada satu unit Robocop yang bekerja untuk kepolisian Uni Emirat Arab (UEA) di Dubai. Peresmian mulai berpatrolinya robot polisi tersebut dilakukan pada Minggu (21/5/2017).

Untuk spesifikasi, tinggi Robocop hampir menyamai tinggi manusia dewasa yakni lima kaki atau lebih 175 cm. Sementara beratnya adalah 220 pound dan mampu berbicara dalam enam bahasa asing yang berbeda.

Robot polisi itu pun mampu berkomunikasi serta mendeteksi ekspresi manusia, berjabat tangan, dan memberi hormat ala polisi.

“Bisa juga menanggapi permintaan publik, berjabat tangan dan memberikan penghormatan militer,” ungkap Brigadir Jenderal Khalid Nasser Al Razzouqi seperti dilansir laman Daily Mirror.

Bahkan apabila terjadi kejahatan di jalanan tempat ia berpatroli dan masyarakat mengadu padanya, ia bisa menanggapi sebagai seorang polisi yang baik.

Warga pun dapat membayar denda jika telah melakukan pelanggaran peraturan di jalanan kepada robot polisi tersebut.

Selain kemampuan di atas, Robocop Dubai bisa menerima dan mengirim pesan kepada kantor pusat untuk meminta bantuan polisi manusia.

Pemakaian Robocop ini adalah yang pertama di dunia, sehingga menjadi sejarah baru bagi masyarakat Emirat.

“Peresmiannya menjadi awal sejarah yang signifikan bagi Emirat dan sebuah langkah untuk mewujudkan visi Dubai ke depan menjadi pemimpin global yang mengadopsi teknologi cerdas,” tambah Al Razzouqi.

Robocop membantu memerangi kejahatan dan menjaga ketertiban kota, juga menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat dan wisatawan.

Berita ini telah tayang di Sidomi.com, Kamis 25 Mei 2017 dengan judul Dubai Punya Robocop Pertama di Dunia yang Sudah Mulai Patroli

Komentar