Posisi Tidur Ini Picu Mendengkur

Ilustrasi. (Dok: Kompas)
Ilustrasi. (Dok: Kompas)

TitikNOL - Kebiasaan mendengkur tentunya sangat menganggu. Selain membuat pernapasan tak lancar, pasangan pun jadi terganggu.

Banyak faktor yang membuat orang mendengkur. Salah satu pemicunya adalah posisi tidur telentang atau tidur menghadap ke kiri. Jika Sahabat Dream seringkali mendengkur, coba hindari posisi tidur tersebut.

"Sebenarnya paling baik untuk tidur telentang supaya bobot tubuh ada pada kerangka tulang. Tapi, hal itu bisa membuat orang lebih mudah mendengkur. Alternatifnya bisa dengan tidur menghadap kanan agar aliran oksigen lebih lancar," kata Michael Breus, seorang psikolog klinis asal Amerika Serikat, di Aston Kuningan Suites, Jakarta Selatan.

Jumlah lemak di perut atau leher yang terlalu banyak juga bisa menghambat pernapasan dan menyebabkan seseorang mendengkur. Selain bobot tubuh, bentuk dagu dan rahang bisa menunjukkan kebiasaan mendengkur.

Jika dagunya lebih condong daripada ujung bibir dan rahangnya tegas, bisa diperkirakan bahwa orang tersebut tidak memiliki kebiasaan mendengkur.

"Kalau ujung bibir lebih condong dan sudut rahangnya tertutupi, bisa diperkirakan orang tersebut biasa mendengkur, karena ruang udaranya lebih sedikit," ujar Breus.

Seseorang bisa memiliki kebiasaan mendengkur karena alergi, sinus atau flu. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter jika mendengkur sudah terjadi selama bertahun-tahun dan pasangan mulai terganggu. Bisa jadi ada masalah kesehatan serius yang harus segera diatasi.

Berita ini telah tayang di dream.co.id, dengan judul: Catat, Posisi Tidur Ini Picu Mendengkur

Komentar