Produk Smartphone Karya Anak Bangsa Siap Bersaing di Pasaran

Ilustrasi smartphone. (Dok: harianti)Ilustrasi smartphone. (Dok: harianti)

TitikNOL - Smartphone kini menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Melihat kebutuhan smartphone yang terus meningkat, para peneliti Indonesia berusaha menciptakan smartphone karya anak bangsa yang dapat diandalkan.

Baru-baru ini, para peneliti Indonesia menciptakan smartphone yang akan diproduksi perdana secara massal. Produk ini dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Institusi tersebut melakukan mengembangkan dan menghilirisasikan produk smartphone 4G.

Fitur-fitur yang ada dalam smartphone ini antara lain short message service (SMS), browsing, VOIP Call, dan streaming. Model smartphone ini pun telah mendapatkan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 20,2% pada akhir 2016.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, mengatakan produk ini diharapkan dapat bersaing dengan smartphone ciptaan asing.

"Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan, " ujarnya saat kunjungan kerja ke PT VS Technology Indonesia, Rabu (11/1/2017).

Ponsel pintar ini nantinya akan diadopsi dan dilanjutkan produksi massal oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM/Digital Coop) dengan bekerja sama antara ITB, PT. Jalawave Integra, PT. VS Technology Indonesia, dan PT TSM.

Sumber: www.okezone.com

Komentar