Reinkarnasi Mitsubishi Evo Siap Tantang Toyota C-HR

Mitsubishi Evo Crossover. (Dok: carscoops)
Mitsubishi Evo Crossover. (Dok: carscoops)

TitikNOL - Nama Evo dari Mitsubishi dikenal sebagai Lancer Evolution. Sedan 4-pintu dengan kapabilitas sportscar bertenaga buas. Karirnya sudah dipadamkan Mitsubishi di generasi kesepuluh, namun kini Evolution kembali, sebagai Crossover SUV. Evolusinya ada pada sistem elektris yang menjadi sumber daya untuk melawan Toyota C-HR Hybrid.

Seperti diungkap PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) hari ini (20/9); “Ambisi baru ini adalah world premiere dari sebuah mobil konsep andalan baru, yakni Mitsubishi e-Evolution Concept.”

Diungkap MMKSI, selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di tanah air, mobil ini bakal meluncur di ajang TMS (Tokyo Motor Show). Seperti diketahui, TMS, kiblat industri otomotif, utamanya bagi negara yang populer oleh kendaraan Jepang. Pada perhelatan TMS ke 45 yang digelar mulai 27 Oktober nanti, Mitsubishi global menjadikan e-Evolution Concept sebagai bintang utamanya.

Mitsubishi e-Evolution Concept, disebut menjadi penanda dimulainya era baru Mitsubishi. Mereka mengembangkan lebih banyak kendaraan berbasis teknologi ramah lingkungan. Salah satunya dengan komposisi sumber daya elektrik.

Berformat crossover SUV, kendaraan baru ini menantang Toyota C-HR, Honda HR-V dan Nissan Juke. Gayanya pun sama, adaptasi coupe pada mobil tangguh berformat SUV. Lagi-lagi, atap belakang yang rebah dan landai menjadi ciri khas mobil di segmen ini.

Konon e-Evolution Concept menjadi mobil berperforma tinggi. Sistem geraknya 4WD atau semua roda dengan sistem kendali tercanggih, artificial intelegence. Entah apa maksudnya, bisa jadi fitur pengendali tanpa awak (autonomus drive) atau sekadar ECU terintegrasi dengan beragam sistem multimedia kendaraan. Tak jelas pula motor elektrik apa yang digunakan pada keempat rodanya.

Sebenarnya Mitsubishi sudah mempunyai satu kendaraan lain dengan komposisi crossover. Ia adalah Eclipse Cross. Spesies ini juga baru meluncur tahun ini, di Geneva Motor Show Maret lalu. Desainnya lebih besar dan tampak dinamis. Sosoknya sedikit mirip dengan Mitsubishi Xpander yang meluncur perdana di Indonesia.

Elektrifikasi pada sistem daya kendaraan memang tengah marak dilakukan banyak pabrikan. Maklum saja, bahan bakar berbasis fosil sudah hampir habis. Mengubah sumbernya pada listrik yang terbarukan, merupakan jalan keluar untuk masa depan.

Berita ini telah tayang di oto.com, Jumat 22 September 2017 dengan judul Mitsubishi Evo, Bereinkarnasi Sebagai Mobil Listrik Penghadang Toyota C-HR

Komentar