Resep Menu Buka Puasa, Balado Terong Ungu Teri Pedas

Ilustrasi. (Dok: Net)Ilustrasi. (Dok: Net)

TitikNOL - Bagi para pecinta pedas, puasa tentunya bukan sebuah halangan bagi kalian untuk menyantap makanan yang menurut sebagian orang bisa menyebabkan lambung bermasalah.

Agar perut tidak sakit, sebelum memakan makanan yang pedas sebaiknya kalian terlebih dulu mengkonsumsi makanan yang bisa mengganjal perut agar tidak kaget setelah seharian dibiarkan kosong.

Ngomongin soal makanan pedas, kali ini kami akan memberikan sebuah resep masakan yang rasanya cukup pedas dan pastinya lezat dong.

Menu yang akan kami berikan kali ini adalah resep balado terong ungu teri pedas. Cara membuatnya juga gampang kok. Bahan-bahan yang diperlukannya juga mudah didapat.

Oke, tanpa basa-basi lagi, langsung saja yuk simak resep balado terong ungu teri pedas dibawah ini. Jangan sampai ada yang tertinggal ya.

Resep Balada Terong Ungu Teri Pedas

Bahan-bahan:

5 buah terong ungu, cuci bersih, potong-potong lalu goreng hingga matang
80 gr teri medan

Bumbu halus:

15 buah cabai merah keriting
5 buah cabai merah besar
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Bumbu balado:

1 sdm gula pasir
1/2 sdm garam
2 rus jari jahe, memarkan
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 rus jari lengkuas
1 sdm kecap manis, opsional
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Pertama, siapkan wajan kemudian panaskan kira-kira 3 sendok makan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum dan warna berubah warna jadi lebih terang.

Tambahkan bumbu lainnya kemudian aduk rata dan tumis terus hingga bumbu matang. Selanjutnya, masukkan teri dan masak hingga matang. Agar tidak gosong, aduk terus selama proses penumisan.

Kemudian, masukkan terong dan aduk rata. Jika bumbu sudah merata dan semua bahan matang, angkat lalu sajikan. Balado terong ungu teri pedas pun siap disajikan.

Nah, itu tadi resep balado terong ungu teri pedas. Gimana, resep yang mudah bukan. Resep ini cocok buat kalian para pecinta pedas sebagai sajian bukan puasa nanti. Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Berita ini telah tayang di rancahpost.co.id, dengan judul: Resep Balado Terong Ungu Teri Pedas, Sajian Praktis Bulan Puasa yang Enak Bikin Ketagihan

Komentar