Resep Sop Janda yang Gurih, Pedas dan Menggugah Selera

Ilustrasi sop janda. (Dok: net)Ilustrasi sop janda. (Dok: net)

TitikNOL - Anda mungkin pernah mendengar nama sup yang membuat kita tersenyum bahkan tertawa ini? Ya, Sup atau Sop Janda ini sempat ngehits di Bekasi lantaran namanya yang menarik perhatian banyak orang.

Kata "Janda" yang dipakai pada makanan berkuah ini sebenarnya singkatan dari Jawa-Sunda. Jadi, bukan perempuan single yang telah bercerai ya!

Seperti kebanyakan sup, Sop Janda ini juga terbuat dari bahan utama daging sapi. Yang agak membedakan, Sop Janda dengan sop lainnya adalah adanya cabai rawit utuh yang dimasukkan dalam kuah sop.

Bisa dibayangkan rasa dari Sop Janda ini, gurih, pedas dan menyegarkan saat disantap. Anda yang penasaran ingin mencicipi rasa Sop Janda ini, dapat mengikuti resep yang diberikan oleh Food Blogger Susi Agung. Selamat mencoba!

Resep Sop Janda

Bahan:
1 kg iga sapi berlemak
100 gram cabai rawit hijau (sebagian tumbuk kasar, sisanya biarkan utuh)
2 butir cengkeh
2 cm kayumanis
4 batang daun bawang (iris kasar)
2 tangkai seledri (iris Kasar )
1/4 buah pala (memarkan)
1 blok kaldu rasa sapi
2 liter air

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm jahe
1 sdt merica butiran

Cara membuat:
1. Rebus iga sapi bersama kayumanis, cengkeh dan pala sampai dagingnya lunak, atau bisa juga dipresto sekitar 15 menit, ambil iganya, saring sisa air rebusannya dalam panci, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan setengah bagian daun bawang, aduk sampai bumbu matang, tuang kedalam air kaldu dan iga.
3. Panaskan kembali panci berisi kaldu dan iga, bumbui garam, gula dan kaldu blok rasa sapi, aduk rata.
4. Masukkan cabai rawit hijau, masak sampai bumbu meresap, angkat, taburi sisa daun bawang, bawang goreng dan seledri, sajikan selagi panas dengan nasi.

Berita ini telah tayang di Suara.com, Jumat 14 Juli 2017 dengan judul Gurih Pedasnya Rasa "Sop Janda" Ini Begitu Menggoda

Komentar