Samsung Rilis Tizen4 dengan Harga Terjangkau

Samsung Z4. (Dok: gizbot)
Samsung Z4. (Dok: gizbot)

TitikNOL - Keluarga smartphone Tizen milik Samsung akhirnya mendapatkan lagi satu anggota baru yang hadir dengan nama Z4. Model paling mutakhir dari jajaran ponsel Z series ini bahkan telah diumumkan pada akhir pekan yang lalu.

Samsung Z4 sendiri merupakan model entry level yang dibuat untuk pasar negara berkembang. Ponsel ini hadir membawa layar berukuran 4,5 inci yang memiliki resolusi WVGA (800 x 480 piksel).

Sementara itu, pada bagian jeroannya, Samsung Z4 ditenagai dengan prosesor quad-core yang memiliki clock speed 1.5 GHz, RAM berkapasitas 1 GB, dan kebutuhan dayanya disuplai oleh baterai berkapasitas 2.050 mAh. Meski diluncurkan dengan harga yang cukup terjangkau namun smartphone ini telah terdukung oleh akses jaringan 4G LTE sehingga pengguna bisa berselancar di dunia maya dengan kecepatan yang tinggi. Tak hanya dibekali dengan media penyimpanan internal sebesar 8 GB, Samsung Z4 juga menghadirkan kamera depan dan belakang beresolusi sama 5 megapiksel serta Bluetooth 4.0 untuk media transfer data.

Kedua kamera yang tersemat di tubuh Z4 juga telah dilengkapi dengan fitur LED flash. Samsung juga mengklaim bahwa kamera yang dimiliki oleh smartphone terbarunya ini memang sengaja dioptimalkan untuk kebutuhan media sosial.

Vendor asal Korea Selatan itu juga telah merilis Z4 secara perdana di India. Banderol harga ponsel ini di negara tersebut di patok pada angka 5.790 rupee atau sekitar Rp 1,2 juta.

Hingga saat ini, masih belum diketahui negara mana saja yang akan disambangi oleh Z4 dan kapan waktunya. Di Indonesia sendiri, Samsung memang diketahui pernah memasarkan seri Z.

Seperti nama yang diusungnya, Z4 merupakan generasi keempat dari jajaran smartphone Tizen racikan Samsung karena vendor tersebut sebelumnya telah menghadirkan Samsung Z1, Z3, dan Z2.

Yang unik adalah keempat smartphone Tizen ini tidak dirilis secara berurutan sesuai dengan angka yang ada pada namanya.

Pertama-tama, Samsung membuat seri Z yang tidak dipasarkan. Kemudian, ada Z1 yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Dari situ, Samsung justru langsung meluncurkan Z3 pada Oktober 2015. Sementara itu, Z2 hadir tahun berikutnya pada bulan Agustus 2016.

Berita ini telah tayang di Begawei.com, Rabu 17 Mei 2017 dengan judul Samsung Luncurkan Smartphone Tizen Z4 dengan Harga Murah

Komentar