Sebaiknya Jangan Gunakan 5 Produk Kecantikan Ini Setiap Hari

Ilustrasi. (Dok: NusantaraNews)Ilustrasi. (Dok: NusantaraNews)

TitikNOL - Menemukan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit wajah memang tidak mudah. Kebanyakan orang yang sudah menemukan produk sesuai, memutuskan untuk terus menggunakannya setiap hari dengan alasan sudah cocok dan terbiasa.

Padahal tidak semua produk kecantikan dapat digunakan setiap hari. Beberapa memiliki anjuran tersendiri agar memberikan hasil maksimal dan tidak berbahaya.

Dilansir dari Women’s Health, berikut ini produk kecantikan yang sebaiknya tak dipakai setiap hari.

1. Dry shampoo

Produk ini ini memudahkan bagi Anda yang buru-buru dan tak mempunyai banyak waktu untuk keramas menggunakan air. Namun menurut Leanne Citrone, co-owner dan stylist di Andy Lecompte Salon di Beverly Hills, penggunakan dry shampoo atau sampo kering secara berlebihan atau setiap hari dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Sebaiknya sempatkan waktu untuk keramas, namun jika Anda benar-benar tidak memiliki waktu, disarankan tidak menggunakan dry shampoo lebih dari dua hari berturut-turut.

2. Conditioner berlebihan

Terlalu sering pakai conditioner malah akan membuat rambut kering.

Memberikan nutrisi lebih kepada akar rambut dan kulit kepala kering merupakan salah satu langkah terbaik untuk menjaga rambut agar terlihat dan terasa sehat. Namun sebaiknya keramas menggunakan conditioner hanya dilakukan dua kali dalam sepekan.

Menurut Leanne, memberikan protein yang berlebih pada rambut dapat merusak keseimbangan pH rambut dan menyebabkan efek sebaliknya. Bukan menyehatkan, namun membuat rambut menjadi lebih kering.

3. Medicated lip balm

Tidak sedikit orang yang mengandalkan lip balm yang memiliki kandungan khusus untuk mengurangi kulit pecah-pecah pada bibir. Namun menurut Annie Chiu, M.D., seorang dermatologis di The Derm Institute, menggunakan lip balm dengam kandungan obat di dalamnya (medicated lip balm) sebaiknya digunakan hanya pada saat bibir terasa pecah-pecah saja.

Menggunakanya secara terus menerus dapat membuat ketergantungan terhadap kandungan obat pada lip balm tersebut. Sehingga ketika kondisi bibir sudah lebih baik, dan tak pecah-pecah, sebaiknya beralih ke lip balm biasa.

4. Make-up primer

Primer adalah dasar yang bagus untuk make-up, sehingga memberikan penampilan menjadi tahan lebih lama dan sempurna. Namun menurut Annie, sebaiknya tidak menggunakan primer setiap hari karena kandungan di dalamnya jika bercampur dengan minyak dan keringat dapat menyumbat pori-pori di wajah, sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Sebaiknya primer digunakan pada saat-saat tertentu atau spesial saja. Selain itu, pastikan membersihkan wajah dengan baik setelah menggunakannya.

5. Maskara waterproof

Maskara merupakan salah satu make-up wajib yang harus dipakai setiap hari karena memberikan efek hidup pada mata. Namun make-up artist Los Angeles, Jamie Greenberg menyarankan untuk tidak menggunakan maskara waterproof atau tahan air setiap hari karena dapat membuat bulu mata menjadi kering, dan mudah rontok. Jika perlu menggunakan maskara waterproof, sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan maskara biasa baru menggunakan kandungan waterproof.

Berita ini telah tayang di viva.co.id, dengan judul: 5 Produk Kecantikan yang Sebaiknya Tak Dipakai Tiap Hari

Komentar