Selain Gerhana Bulan, Ini Fenomena Alam Lain yang Akan Terjadi pada 28 Juli 2018

Ilustrasi. (Dok: Okezone)Ilustrasi. (Dok: Okezone)

TitikNOL - Fenomena gerhana bulan total akan kembali terjadi pada esok hari. Kali ini gerhana bulan menjadi yang terlama sepanjang abad ke-21. Durasinya kira-kira mencapai 103 menit namun di beberapa wilayah dapat dilihat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Di Indonesia sendiri tahapan gerhana bulan mulai terjadi pada pukul 00.13 WIB dan berakhir sekira 06.45 WIB. Nantinya bulan akan berwarna kemerahan atau yang dikenal dengan istilah "blood moon". Tapi tahukah Anda bila secara bersamaan ada juga fenomena alam lain di samping gerhana bulan?

Berikut fenomena alam lain yang juga terjadi pada saat gerhana bulan seperti yang dirangkum Okezone, Jumat (27/7/2018) dari berbagai sumber:

1.Mini Moon

Pada fenomena ini terjadi 'Lunar Apogee' yaitu jarak terjauh bulan dari bumi. Hal ini membuat bulan akan terlihat sangat kecil sehingga ukurannya berbeda dari biasanya.

2. Blood Moon

Fenomena ini membuat bulan tampak berwarna merah menyala saat puncak gerhana bulan karena adanya pembiasan cahaya yang memiliki frekuensi rendah dari matahari ke umbra oleh atmosfer bumi.

3. Oposisi Mars

Selain melihat bulan berwarna lebih terang, kali ini planet Mars akan terlihat lebih jelas. Peristiwa ini pernah terjadi 15 tahun lalu. Bahkan Mars akan terlihat lebih terang bila dibandingkan dengan Jupiter.

4. Hujan meteor

Di wilayah langit selatan akan terjadi hujan meteor walaupun cahayanya sedikit redup. Hal ini membuatnya tidak terlihat jelas kecuali bila diamati dari tempat yang benar-benar gelap. Masyarakat Indonesia mungkin tidak berkesempatan melihatnya lantaran cuaca diprediksi cerah. Diperkirakan intensitas hujan mencapai 15-20 meteor/jam yang jauh.

5. Cuaca cerah

Seperti yang telah diungkapkan pada nomor di atas, cuaca di Indonesia ketika gerhana bulan total cenderung cerah. Dengan begitu fenomena alam yang jarang terjadi ini dapat dilihat lebih indah. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk menyaksikan fenomena alam yang langka dan mungkin tidak terjadi lagi dalam hidup Anda.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: 4 Fenomena Alam Lain yang Juga Terjadi saat Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Komentar